Berikut Tips untuk Calon Pengantin dengan Diabetes

Tak seperti kebanyakan calon pengantin lain, Anda yang memiliki diabetes mungkin memiliki kekhawatiran tersendiri. Jangan khawatir, Anda bisa mengatasi kondisi tersebut dengan beberapa tips mudah. Berikut hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat menjelang hari bahagia, 

 1. Meminimalkan stres 
Kadang-kadang rencana pernikahan yang cukup rumit kerap menimbulkan stres bagi sebagian orang. Nah, stres ini apabila dialami oleh mereka dengan diabetes diketahui dapat meningkatkan kadar glukosa darah, memicu keinginan untuk makanan yang tidak sehat dan membuat diabetes lebih sulit untuk dikontrol secara keseluruhan. Alhasil ketika Anda merasa lelah, Anda mungkin tidak fokus merawat kesehatan diri sendiri. 

Oleh sebab itu, kendalikan stres selama proses ini. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain. Jangan lupa juga untuk tetap berolahraga secara teratur dan melakukan latihan pernapasan. Sediakan waktu setidaknya 5 menit sehari untuk berbaring, mengambil napas dalam dan merilekskan otot-otot Anda. 

 2. Tetapkan target penurunan berat badan 
Jika Anda mencoba untuk tampil lebih istimewa di hari-H nanti, pastikan untuk menetapkan target yang wajar. Penurunan berat badan yang tak wajar tak sehat bagi siapa pun, baik bagi mereka yang memiliki diabetes maupun tidak. 

 Berikan diri Anda waktu untuk beradaptasi perlahan dengan program penurunan berat badan. Misalnya tujuan Anda adalah menurunkan berat badan sebanyak 1 kg per pekan, maka bertahap pangkas asupan kalori 250 sampai 1.000 per hari dari diet harian Anda. Meskipun perubahannya mungkin tak terjadi secara cepat, namun ingatlah bahwa menurunkan berat badan secara bertahap lebih baik bagi kesehatan Anda. 

 3. Kurangi asupan minuman beralkohol 
Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli diet tentang bagaimana membatasi asupan minuman alkohol bagi Anda. Sebab minuman beralkohol dapat menyebabkan hipoglikemia dan mengganggu kadar glukosa darah Anda. 

 4. Atur pola makan 
Banyak calon pengantin memilih untuk tidak makan terlalu banyak, bahkan beberapa beralasan tak sempat untuk makan karena banyaknya hal yang harus diurus. Anda harus ingat bahwa sangat penting untuk makan secara teratur sepanjang hari, karena melewatkan makan dapat membuat gula darah Anda lebih sulit untuk dikontrol. 

Selalu sediakan waktu untuk makan sesuai jadwal. Jangan lupa juga untuk memastikan menu yang Anda konsumsi sehat dan tak berisiko meningkatkan atau justru menurunkan kadar gula darah. 

Nah, sebelum hari-H bicarakan pada panitia acara untuk memastikan ada beberapa makanan ringan yang tak terlalu manis tersedia khusus untuk pengantin selama resepsi. Ini penting agar asupan Anda tetap terjaga meskipun Anda sibuk bersalaman dengan para tamu yang hadir. 

sumber : http://health.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...