Sabtu, Januari 08, 2011

80 Persen Air di Dunia Berhadapan dengan Resiko

"Anda bisa katakan bahwa satu ons air untuk pencegahan adalah seharga satu galon air untuk pemulihan."
Keanekaragaman hayati sungai dan keamanan air kita berada dalam masalah serius, demikian menurut survei komprehensif saluran air yang dirilis kemarin. Resiko berdampak pada pasokan air bagi hampir 80 persen manusia, dan bagi dua-pertiga habitat sungai di dunia.
Titik-titik yang memprihatinkan meliputi hampir seluruh Eropa, anak benua India, Cina timur, Meksiko selatan, dan Amerika Serikat timur pegunungan Rockie.
Tetapi para ahli mengatakan mungkin ada harapan untuk memulihkan sungai-sungai dan mengamankan kebutuhan air di masa depan bagi perkotaan, pertanian, produksi energi, industri – dan untuk ekosistem – dengan cara “bekerja dengan alam.”
“Kita, sebagai masyarakat global, sangat kurang peduli terhadap sumber daya air,” kata rekan pemimpin survei, Peter McIntyre, seorang ahli zoologi di Universitas Wisconsin-Madison.
Sungai, lahan basah, danau, dan kehidupan yang bergantung pada mereka, berhadapan dengan resiko di seluruh dunia karena berbagai tekanan, termasuk terlalu berlebihan menggunakan air, pencemaran, pengenalan spesies eksotik, dan penangkapan ikan yang berlebihan, demikian menurut studi baru, yang diterbitkan hari ini (30 September) dalam jurnal Nature.
Studi ini memetakan semua tekanan tersebut dan hampir dua lusin lainnya lagi; ini merupakan peta detail pertama mengenai ancaman terhadap keamanan air bagi manusia dan keanekaragaman hayati di sungai.
Memperoleh sumber
“Kami melihat sungai-sungai di berbagai bagian dunia tengah bergerak ke arah krisis,” kata rekan pemimpin studi Charles Vörösmarty, seorang peneliti air di City College of New York di New York City.
“Di mana pun terdapat kepadatan penduduk, di mana pun ada lahan pertanian besar, dan di manapun ada industrialisasi intens – di situlah tepatnya kami menemukan masalah,” tambahnya.
Akar dari banyak masalah ini terletak pada di mana orang telah memilih untuk hidup. “Kita menetap di tempat-tempat yang sangat berbahaya, seperti di delta pesisir atau di dataran banjir,” kata Vörösmarty.
Untuk melindungi masyarakat yang hidup di sana, kita “memerlukan perawatan konstan dan perhatian dalam hal teknik, untuk membangun tanggul yang lebih tinggi dan lebih tinggi lagi, misalnya,” katanya.
Menurut laporan Nature terbaru, pasokan air berada di bawah tekanan terberat di berbagai dataran banjir dan delta di dunia – termasuk bendungan Sungai Yangtze Cina dan di sepanjang Sungai Indus Pakistan, di mana baru-baru ini banjir memaksa jutaan orang mengungsi.
Seiring berkembangnya masyarakat di semua perkotaan, dan lahan pedesaan pun perlu menafkahi mereka. Masalah utama adalah bahwa orang secara harfiah mengisap kering sungai untuk menjamin pasokan yang dapat diandalkan bagi pertanian, demikian menurut laporan penulis dan para ahli lainnya.
“Banyak sekali sungai dan lahan basah kini menjadi kering tahun ini karena dikubur atau direkayasa ulang untuk keperluan manusia,” tulis Margaret Palmer, seorang ahli biologi di Universitas Maryland, dalam sebuah komentar yang juga diterbitkan dalam Nature.
Banyak negara berkembang sekarang mengikuti rute yang sama seperti yang dilakukan oleh negara-negara maju saat ini, dimulai lebih dari 100 tahun yang lalu, kata Vörösmarty, mengacu pada seringnya teknik yang kompleks dan mahal untuk bendungan, waduk, saluran irigasi, tanggul, terowongan, dan jaringan pipa yang digunakan untuk mengerjakan, mengalihkan, dan mendistribusikan air.
“Ini pandangan abad kedua puluh” bahwa kita dapat “membuang beton dan pipa pada masalah ini,” tambahnya.
Namun, ia memperingatkan, negara-negara berkembang mungkin tidak memiliki uang atau energi untuk mengikuti langkah ini dalam jangka waktu yang lebih lama.
Mengembalikan Sungai
Ada cara “bekerja dengan alam untuk mencegah masalah timbul,” kata Vörösmarty. “Anda bisa katakan bahwa satu ons air untuk pencegahan adalah seharga satu galon air untuk pemulihan.”
Proyek-proyek yang “bekerja dengan alam” dan mencoba untuk memulihkan aliran sungai menjadi lebih alami dapat membantu meringankan tekanan terhadap sungai dan meningkatkan kualitas air, demikian pendapat studi terbaru.
Hal ini dapat melibatkan sungai memungkinkan lebih banyak ruang untuk tergenangi, dan juga memungkinkan mereka mengatur jalan mereka sendiri, daripada memaksa mereka di sepanjang rute tertentu.
Kebanyakan upaya restorasi sungai sejauh ini lebih banyak berada di negara-negara kaya, dan yang ditemukan hanya keberhasilan yang terbatas, kata McIntyre.
“Ini biaya sebuah keberuntungan kecil jika Anda ingin mencoba untuk mengembalikan beberapa fungsi alami sungai,” ia menambahkan, “dan Anda bisa hanya mengatur untuk memulihkan mereka secara sebagian dalam banyak kasus.”
Tetapi ada beberapa kisah sukses, seperti di Sungai Mississippi.
Army Corps of Engineers dan manajer air lokal di Louisiana sudah mulai membiarkan sungai meluap ke bidang-bidang yang berdekatan, seperti yang terjadi sebelum konstruksi tanggul menjadi meluas setelah banjir dahsyat pada tahun 1927.
Dengan cara ini, lahan-lahan tersebut melayani “sebagai peredam kejut besar untuk menghindari kerusakan [dan membanjiri] hilir,” di mana perkotaan, bukan lahan pertanian, berhadapan dengan risiko, kata Vörösmarty.
Kisah sukses lainnya adalah pasokan air di New York City, yang telah dijaga kebersihannya – dengan biaya yang relatif rendah dengan melindungi hutan dan lahan lainnya di daerah aliran sungai yang memberi makan Big Apple. Hutan membantu menyaring air dan menahan tanah di tempatnya, mencegah banyak sedimen longsor, yang kemudian menjaga waduk penyediaan New York City jauh lebih bersih.
“New York City telah menghemat miliaran dolar” untuk biaya pengolahan air, kata Vörösmarty, dengan memastikan bahwa daratan hulu bisa terus memberikan air-bersih — sebuah “jasa ekosistem yang gratis.”
McIntyre menunjuk pada proyek-proyek serupa yang berlangsung di Bogota, ibukota Kolombia, dan di kota-kota lainnya di Amerika Selatan.
Robin Abell, seorang ahli biologi konservasi dengan World Wildlife Fund, mengatakan bahwa selagi upaya restorasi sungai “cukup menjanjikan, cerita konservasi sungai adalah jarang, biasanya dalam skala lokal, dan sering datang sebagai akibat dari investasi besar.”
“Kami masih berjuang untuk menemukan strategi yang dapat membuat perbedaan yang berarti bagi keanekaragaman hayati air tawar,” tambahnya.
Sumber: news.nationalgeographic.com

Disadur dari  www.faktailmiah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini