Kamis, November 21, 2019

Daun Segudang Manfaat dan Sudah Digunakan Sejak Dahulu

Berikut Beberapa daun buah yang bisa jadi obat alami. Pengobatan dengan daun-daun buah ini bahkan sudah jadi tradisi turun temurun.

1. Daun jambu biji

Selain diare, daun jambu biji juga mampu mengontrol kolesterol, menjaga kesehatan jantung, mencegah sembelit dan menurunkan berat badan. Zat flavanoid dan tanin dalam daun jambu biji membantu mengurangi diare dan membunuh bakteri dalam usus.

2. Daun pepaya

Secara alami daun buah pepaya memiliki rasa pahit yang berasal dari zat alkaliod karpain. Meskipun pahit, daun pepaya ternyata ampuh menurunkan panas saat demam. membunuh bakteri dan jamur berbahaya hingga mengurangi tekanan darah tinggi. 

3. Daun sirsak

Kabarnya, kandungan acetogenin pada daun sirsak ini lebih tangguh melawan sel kanker dibandingkan obat kemoterapi. Tapi daun sirsak ini juga tak boleh dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu panjang karena akan berdampak buruk pada pada hati, ginjal dan sistem saraf. Daun sirsak juga tak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.

Kandungan annocatalin, asam gentisic, annomuricin, calcourin dan asam linoleat pada daun sirsak mampu mengobati asam urat.

4. Daun nangka

Daun nangka juga dipercaya bisa mencegah berbagai penyakit mulai dari jantung, stroke hingga kanker. Kandungan phytonutrisi pada daun nangka bisa menyembuhkan luka, penyembuh sakit gigi, penurun panas dan mengontrol tekanan darah. Bagi ibu menyusui, daun nangka bisa jadi alternatif santapan untuk melancarkan produksi ASI.

5. Daun mangga

Pilih daun mangga muda yang punya tekstur lembut. Daun ini bisa langsung dimakan atau diolah lagi menjadi teh. Teh daun mangga yang punya aroma menyegarkan ini juga kerap diandalkan sebagai asupan yang membuat rileks.

Kandungan tanin dan antosianin pada daun mangga terbukti efektif membantu mengobati berbagai penyakit yang disebabkan gula berlebih. Daun mangga juga biasa dikonsumsi untuk mengobati flu, asma dan bronkitis.

sumber https://food.detik.com/info-kuliner/d-4777452/5-daun-buah-ini-punya-segudang-manfaat-dan-sudah-digunakan-sejak-dahulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini