Kalkulasi Jangka-Panjang Memprediksi Kenaikan Permukaan Laut Terus Berlanjut Selama 500 Tahun ke Depan

"Bahkan jika kita menstabilkan konsentrasi di atmosfer dan berhenti memancarkan gas rumah kaca ke atmosfir, kami bisa melihat bahwa kenaikan permukaan laut akan tetap terus mengalami percepatan selama beberapa abad."
Naiknya permukaan laut pada abad-abad mendatang mungkin merupakan salah satu konsekuensi bencana paling besar dari kenaikan suhu. Biaya ekonomi besar-besaran, konsekuensi sosial dan migrasi yang terpaksa dapat dihasilkan dari pemanasan global. Tapi seberapa menakutkankah masa-masa yang akan kita hadapi? Para peneliti dari Niels Bohr Institute telah menghitung prospek jangka panjang naiknya permukaan air laut dalam kaitannya dengan emisi gas rumah kaca dan polusi atmosfer, dengan menggunakan model iklim.
Hasil studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Global and Planetary Change.
“Berdasarkan situasi saat ini, kami telah memproyeksikan perubahan permukaan laut untuk 500 tahun ke depan. Kami tidak melihat apa yang terjadi dengan iklim, tapi secara eksklusif berfokus pada tingkat laut,” jelas Aslak Grinsted, seorang peneliti dari Pusat Es dan Iklim, Niels Bohr Institute di University of Copenhagen.
Grafik menunjukkan bagaimana tingkat laut akan berubah selama empat jalur yang berbeda selama perkembangan manusia dan polusi gas rumah kaca. Garis-garis hijau, kuning dan oranye sesuai dengan skenario di mana dibutuhkan waktu 10, 30 atau 70 tahun sebelum emisi menjadi stabil. Garis merah dapat dianggap mewakili bisnis seperti biasa di mana emisi gas rumah kaca meningkat dari waktu ke waktu. (Kredit: Aslak Grinsted)
Model yang didasarkan pada pengukuran aktual
Dalam kerjasama dengan para peneliti dari Inggris dan Cina, Grinsted telah mengembangkan sebuah model yang didasarkan pada apa yang terjadi dengan emisi gas rumah kaca dan aerosol serta polusi atmosfer. Model mereka ini telah disesuaikan mundur dengan pengukuran aktual dan kemudian digunakan untuk memprediksi prospek naiknya permukaan air laut.
Kelompok riset telah membuat perhitungan untuk empat skenario: satu pesimis, satu optimis, dan dua yang lebih realistis.
Dalam skenario pesimis, emisi terus meningkat. Artinya, permukaan laut akan naik 1,1 meter pada tahun 2100 dan akan meningkat 5,5 meter pada tahun 2500.
Bahkan dalam skenario yang paling optimis, yang menuntut tujuan-tujuan perubahan iklim yang sangat dramatis, kemajuan teknologi utama serta kerjasama internasional yang kuat untuk berhenti memancarkan gas rumah kaca dan polusi atmosfer, laut tetap akan terus meningkat. Pada tahun 2100 akan meningkat 60 cm dan pada tahun 2500 permukaan laut akan naik 1,8 meter.
Untuk dua skenario yang lebih realistis, dihitung berdasarkan emisi dan polusi yang distabilkan, hasil menunjukkan bahwa akan terdapat kenaikan permukaan laut sekitar 75 cm pada tahun 2100 dan pada tahun 2500 air laut akan meningkat 2 meter.
Meningkatnya permukaan air laut selama berabad-abad
“Di abad ke-20, laut telah meningkat dengan rata-rata 2 mm per tahun, tapi mengalami percepatan selama beberapa dekade terakhir, kenaikan permukaan laut menjadi sekitar 70% lebih cepat. Bahkan jika kita menstabilkan konsentrasi di atmosfer dan berhenti memancarkan gas rumah kaca ke atmosfir, kami bisa melihat bahwa kenaikan permukaan laut akan tetap terus mengalami percepatan selama beberapa abad. Jadi perlu waktu 2-400 tahun sampai kita kembali ke level peningkatan 2 mm per tahun abad 20,” kata Aslak Grinsted.
Grinsted menunjukkan bahwa meskipun perhitungan jangka panjang tunduk pada ketidakpastian, laut akan terus meningkat di abad-abad mendatang dan kemungkinan yang paling besar adalah naik 75 cm pada tahun 2100 dan pada tahun 2500 laut akan meningkat hingga 2 meter.

Kredit: University of Copenhagen
Jurnal: S. Jevrejeva, J.C. Moore, A. Grinsted. Sea level projections to AD2500 with a new generation of climate change scenarios. Global and Planetary Change, 2011; DOI: 10.1016/j.gloplacha.2011.09.006


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...