Jumat, Juli 19, 2019

Tips Antisipasi Baterai Smartphone Mengembung

Baterai mengembung merupakan salah satu masalah yang sering dialami para pengguna smartphone.  Kondisi mengembung bisa membuat baterai bocor dan menyebabkan kerusakan pada bagian ponsel lainnya, hingga bisa meledak. 

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada beberapa tips mengantisipasi baterai mengembung. Berikut ini tips menghindari baterai kembung dan tetap sehat.

1. Jangan biarkan baterai sampai kosong
Mengisi baterai dari kondisi kosong melompong pasti membutuhkan waktu yang lama dan panas. Suhu tinggi dalam jangka waktu lama ini bisa memicu baterai kembung.

Jika punya smartphone yang tidak terpakai, jangan lupa isi dulu sampai penuh sebelum dibiarkan mati. Sebelum benar-benar kosong, jangan lupa diisi lagi.

2. Jangan pakai smartphone sambil nge-charge
Paling umum terjadi adalah memakai smartphone dengan intensitas tinggi sambil mengisi daya. Paling banyak terjadi adalah main game di smartphone sambil mengisi daya.

Hindari kebiasaan ini karena bisa membahayakan baterai smartphone. Bukan satu-dua kasus saja terjadi smartphone meledak saat smartphone dipakai sambil mengisi daya.

3. Segera cabut charger setelah smartphone terisi penuh
Kasus overcharge juga sering terjadi, yang bisa membuat baterai memanas. Parahnya, pengisian yang berlebihan membuat baterai kembung hingga meledak.

Jika melakukan pengisian daya, sebaiknya segera cabut saat sudah penuh. Atau cabut saja saat baterai di kisaran 95 persen atau lebih.

4. Jangan sembarang gunakan charger
Jangan memakai sembarang charger, karena setiap smartphone mempunyai spesifikasi yang berbeda. Paling sering terjadi memakai charger berdaya besar yang tidak didukung smartphone.

Hal ini bakal menyiksa baterai smartphone, dari menimbulkan panas berlebihan, baterai kembung, hingga meledak. Memakai charger asli adalah cara paling aman.

5. Hindari panas berlebih
Panas adalah salah satu musuh utama baterai smartphone. Dari panas saat pengisian daya, panas saat pemakaian, hingga panas karena terik matahari.

Menjaga suhu smartphone menjadi kunci penting dalam menjaga baterai. Sebaiknya lepas casing saat mengisi daya, atau saat mulai terasa hangat.

sumber
https://www.suara.com/tekno/2019/07/02/070038/lima-tips-antisipasi-baterai-smartphone-mengembung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini