Minggu, Juni 28, 2015

Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil dan Janin

Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral bagi tubuh. Sehingga sangat baik untuk ibu yang sedang mengandung mengkonsumsi buah-buahan agar asupan nutrisi pada tubuh dan janin terpenuhi. Salah satu alternatif yang baik untuk ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi buah pisang.
 
Buah pisang sebaiknya dikonsumsi lebih sering selama masa kehamilan karena mengandung berbagai nutrisi bermanfaat seperti Vitamin B6, folat, Vitamin C, dan sebagainya. Yuk kita simak manfaat buah pisang untuk ibu hamil seperti yang dilansir sunpride.co.id :

1. Memenuhi Kebutuhan Energi.
Ekstra energi diperlukan untuk pertumbuhan janin serta produksi plasenta. Menurut pakar kesehatan ibu hamil membutuhkan sekitar 1.500 kJ energi dalam sehari. Asupan energi ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi dua buah pisang yang akan memberi 1.000 kJ energi. Selain itu, dua buah pisang mendukung energi Anda dalam bentuk lemak bebas, dan mereka juga akan tetap membuat tubuh Anda tetap bugar.

 2. Sebagai Asupan Karbohidrat.
Pisang merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik karena terbentuk dari gula alami dan sedikit pati. Pisang dapat memenuhi kebutuhan Energi tambahan yang diperlukan dalam kehamilan terutama harus berasal dari karbohidrat dan protein, dan sedikit lemak.

3. Sebagai Asupan Protein
Protein dibutuhkan selama masa kehamilan untuk mendukung pertumbuhan sel baru pada ibu dan bayi, terutama di trisemester dua dan tiga. Sekitar 14 gram protein dibutuhkan oleh ibu hamil, dan itu bisa diraih dengan mengkonsumsi telur, roti, dan pisang.

 4. Kaya akan Vitamin B6.
Vitamin ini dibutuhkan untuk membentuk jaringan sehat, membuat sel-sel darah merah, dan membawa impuls syaraf. Dua buah pisang akan mengakomodir kebutuhan vitamin B6 yang biasanya meningkat hingga 1.9 mg per hari selama masa kehamilan.

5. Mengandung asam Folat.
Zat ini dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel baru dan gen, terutama untuk pertumbuhan sel darah merah yang sangat dibutuhkan dalam masa kehamilan. Kekurangan folat berpotensi menimbulkan kelainan tulang belakang pada bayi. Sumber folat terbaik sebenarnya terdapat pada sayuran berdaun hijau, ekstrak ragi, dan hati. Tapi, pisang juga berkontribusi menyumbang folat pada saat kehamilan.


 6. Kaya akan Vitamin C.
Ascorbic Acid (vitamin C) diperlukan untuk membentuk pembuluh darah, kulit, gusi, dan bahkan tulang. Tambahan vitamin C yang dibutuhkan selama kehamilan biasanya meningkat dari 45 mg – 60 mg per hari. Buah pisang adalah sumber vitamin C yang cukup baik. Dua buah pisang akan memenuhi setengah dari kebutuhan harian vitamin C pada saat kehamilan.

7. Sebagai Asupan Zat besi.
Zat besi diperlukan untuk kesehatan darah, terutama membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh, membantu pertumbuhan dan nafsu makan. Kebutuhan zat besi pada saat hamil bisa melompat dari 18 mg – 27 mg. Pisang hanya sedikit mengandung zat besi, tetapi kandungan vitamin C nya sangat membantu penyerapan zat besi dari usus. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 0,5 mg zat besi.

http://log.viva.co.id/frame/read/aHR0cDovL2J1YWhhbi1zZWhhdC5ibG9nc3BvdC5jb20vMjAxNS8wNi82LWplbmlzLWJ1YWgtZGFuLXNheXVyYW4tYmVyc2loa2FuLW5pa290aW4uaHRtbA==

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini