Tips untuk Hidup Seimbang

MENJADI mahasiswa berarti kamu harus siap dengan segudang tugas kuliah. Belum lagi beragam aktivitas ekstrakurikuler yang kamu ikuti tidak hanya menguras tenaga, tetapi juga pikiran dan waktumu.
Tidak heran, anak muda seperti kita pun enggak kebal dari stres. Ketika kita kewalahan mengatur waktu dengan aktivitas yang seabrek, daya tahan tubuh pun drop.  Di tengah semua kekacauan itu, ada baiknya kita mundur sejenak dan menilai ulang arah hidup kita. Kemudian, kita buat hidup ini lebih seimbang dengan mengikuti empat langkah berikut seperti dilansir Hack College, Sabtu (24/3/2012).

'Me time'

Ketika merencanakan kegiatan selama seminggu, pastikan kamu menyelipkan waktu untuk diri sendiri.
'Me time' ini bisa kamu gunakan untuk bersantai atau mencharge ulang energimu. Kamu bisa bangun 15 menit lebih awal untuk minum kopi di teras, melakukan beberapa peregangan, atau berjalan-jalan sambil mendengarkan lagu-lagu favoritmu di iPod.
Berilah dirimu sendiri beberapa menit untuk 'bernapas' dan melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari. Dengan melepaskan diri dari kepenatan, kamu akan lebih produktif dan terfokus.

Prioritas

Susunlah jadwal kegiatanmu berdasarkan skala prioritas. Beri peringkat tugas yang harus kamu selesaikan sesuai dengan tingkat kepentingannya. Memiliki daftar prioritas akan membuatmu fokus pada tugas.
Misalnya, kamu bisa memberi peringkat satu untuk segala sesuatu yang penting dan mendesak. Kemudian, apa pun yang penting tetapi tidak harus mendesak kamu beri peringkat dua; sesuatu yang akan menyenangkan untuk dilakukan, tetapi tidak akan memiliki dampak besar pada hidupmu jika kamu tidak dapat melakukannya bisa kamu beri peringkat tiga.

Jalani gaya hidup sehat

Tak jarang, jargon klise ini rasanya sulit sekali kita praktikkan. Padahal, sudah terbukti bahwa makan makanan sehat dan menyempatkan diri berolahraga membuat tubuh kita dalam kondisi yang baik.
Tubuh yang fit terutama penting selama masa ujian ketika stres membuatmu lebih mungkin untuk sakit.
Mengonsumsi makanan sehat tidak harus memakan waktu lama, hanya perlu sedikit pemikiran dan persiapan. Selalu sediakan camilan sehat seperti buah kering, kacang, sayuran, atau yogurt.

Evaluasi penyebab stresmu

Ambil kesempatan untuk merenungkan apa sebenarnya yang membuatmu tertekan, dan cari tahulah cara-cara untuk mengurangi stres.
Apakah ada mata kuliah tertentu yang sulit untukmu? Mungkin les tambahan akan membantu. Apakah masalah uang? Pertimbangkan mendapatkan pekerjaan paruh waktu atau menjadi freelancer. Frustrasi dengan kebiasaan berantakan teman sekamarmu? Mempertimbangkan berkata jujur padanya untuk menemukan sebuah kompromi.

Nah, bagaimana caramu membuat hidupmu seimbang?

1 komentar:

  1. bener gan
    mumpung masih muda ney jaga KESEHATAN
    biar besok tua tetep fit

    BalasHapus

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...