Sirih Merah, Kaya Manfaat dan Berpeluang Cerah


sirih merah 150x200 Sirih Merah, Kaya Manfaat dan Berpeluang Cerah 
Berada di kawasan tropis membuat Indonesia ditumbuhi beragam jenis tanaman obat yang memberikan banyak manfaat di bidang kesehatan serta memiliki potensi bisnis sangat besar. Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi tanaman obat cukup melimpah. Lebih dari 7.000 spesies tanaman obat telah tumbuh subur di negara kita, dan salah satunya yaitu sirih merah.
Jika selama ini masyarakat lebih mengenal sirih berdaun hijau yang sering dijadikan sebagai obat antiseptik alami. Sekarang ini ada tanaman sirih merah yang berkhasiat tinggi untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Dari mulai diabetes, hepatitis, batu ginjal, kolesterol, stroke, asam urat, kanker, hipertensi, maag akut, kelelahan, serta masih banyak lagi gangguan kesehatan lainnya yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi sirih merah secara rutin.
Tak heran bila saat ini tanaman yang bernama latin piper crocatum ini tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias oleh masyarakat kita. Tumbuhan yang daunnya berbentuk jantung hati dan tidak berbunga ini mulai dibudidayakan sebagai tanaman obat, sehingga keberadaannya kini sudah tersebar di berbagai daerah seperti di sekitar Yogyakarta, di lereng gunung Merapi, Papua, Aceh, Jawa Barat, dll.

Prospek bisnis Sirih Merah

Secara umum tanaman obat sirih merah ini menyukai tempat yang teduh, dengan udara yang sejuk dan intensitas matahari sekitar 70-75%. Kondisi tersebut membuat tumbuhan berdaun merah ini lebih cocok dibudidayakan di sekitar daerah pegunungan, sebab jika dibudidayakan di daerah yang panas dan terkena matahari langsung, batang pohonnya akan cepat mengering dan warna merah pada daunnya akan memudar.potensi sirih merah 132x200 Sirih Merah, Kaya Manfaat dan Berpeluang Cerah
Selain dibudidayakan sebagai tanaman obat, kandungan senyawa kimia yang dimiliki tumbuhan merambat ini berhasil dikembangkan menjadi salah satu produk komoditas yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Daunnya laku dijual dalam keadaan segar, dan khasiatnya yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit dimanfaatkan masyarakat menjadi beragam jenis produk herbal yang banyak dicari pasar.
Kecenderungan masyarakat yang kembali memanfaatkan obat herbal sebagai pengganti obat modern, merupakan peluang yang sangat bagus bagi masyarakat untuk meraup untung besar dari tanaman obat tradisional. Karena itu bagi para pembaca yang daerahnya memiliki potensi tanaman obat herbal cukup banyak (seperti sirih merah), tidak ada salahnya bila Anda mencoba membudidayakan dan mengolahnya sebagai produk baru yang cukup dibutuhkan pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...