Jumat, Januari 13, 2012

Ombak Terbaik Berselancar di Indonesia

SAAT ini, salah satu olahraga favorit wisatawan jika berlibur ke pantai adalah berselancar. Jika Anda salah satunya, jangan lewatkan berselancar di lima tempat terbaik di Indonesia.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai dengan ombak terbaiknya. Lokasi ini tentu asyik dijadikan tempat surfing. Simak lima tempat surfing terbaik di Indonesia:

Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai yang menduduki peringkat pertama sebagai lokasi surfing terbaik adalah Pantai Plengkung. Pantai Plengkung adalah pantai yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Ombak di pantai ini disebut-sebut terbaik kedua setelah Hawaii.

Tak heran kalau pantai ini terkenal di kalangan peselancar dunia. Salah satu bukti ketenarannya adalah di pantai ini pernah diselenggarakannya lomba surfing tingkat internasional atau yang dikenal dengan "Banyuwangi G-Land International Team Challenge". Lomba diikuti 12 tim peselancar dari delapan negara, yaitu Australia, Prancis, Amerika, Inggris, Selandia Baru, dan Indonesia.

Pulau Nias, Sumatera Utara

Peringkat kedua ditempati Pulau Nias. Di kalangan peselancar internasional, Pulau Nias memiliki ombak yang begitu fantastis. Gelombang ombaknya menggulung sempurna dengan ketinggian mencapai 2-15 kaki. Pulau ini juga memiliki karang yang banyak, tetapi tidak sampai mengganggu kegiatan surfing. Tempat surfing yang paling terkenal di pulau ini adalah Pantai Sorake dan Lagundri.

Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Bali
Kali ini, Bali masuk dalam peringkat ketiga. Tidak perlu diragukan lagi, pesona pantai di Bali selalu memikat siapa saja yang datang, termasuk peselancar dunia. Tempat yang paling digemari untuk berselancar adalah Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Nusa Penida adalah sebuah pulau yang berada di tenggara Bali, dipisahkan dengan Selat Badung.

Perairan di Pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan menyelamnya di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh, dan Malibu Point. Biasanya, surfer yang datang akan mencari spot tersendiri agar bisa menikmati ombak laut dengan asyik tanpa gangguan orang lain. Selain Nusa Penida, tempat yang memiliki gelombang ombak tinggi dan asyik dijadikan tempat surfing adalah Nusa Lembongan, letaknya tak jauh dari Nusa penida.

Pantai Mentawai, Sumatera Barat

Peringkat berikutnya diduduki pantai di kepulauan Mentawai. Mentawai memang sudah terkenal sebagai tempat surfing terbaik di Pulau Sumatera. Jajaran pulau yang ada di Kepulauan Mentawai bagaikan surga para peselancar kelas dunia. Ombak tinggi mudah sekali ditemukan di tempat ini.

Tak heran kalau Mentawai selalu ramai dikunjungi peselancar. Lokasi yang menjadi favorit peselancar adalah pantai di Pulau Siberut. Untuk menuju ke Mentawai, Anda bisa melewati dua jalur, yaitu jalur laut dan udara.

Pantai Grajagan, Banyuwangi

Ternyata, Banyuwangi memiliki banyak tempat surfing terbaik. Setelah Pantai Plengkung, kini Pantai Grajagan. Pantai inilah yang menjadi asal-muasal nama G-Land yang merupakan inisial dari Grajagan.

Grajagan berada 52 km ke arah selatan dari Kota Banyuwangi. Pantai ini luas dengan pasir hitam serta memiliki gua dan bukit yang indah. Ombak yang menggulung tinggi berhasil menarik wisatawan untuk datang berselancar di sini sejak dekade 1970-an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini