Makan Apel dan Kunyah Permen Karet Merusak Gigi

Banyak orangtua yang mengganti permen dengan apel untuk anak mereka. Namun, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh King's College London Dental Institute, apel tidak jauh lebih sehat daripada permen bila dilihat dari sudut pandang kesehatan gigi.  Anehnya, efek berbahaya dari apel pada gigi mencapai empat kali lebih besar dari minuman ringan.
Dari penelitian tadi diketahui setidaknya ada lima hal yang memberikan efek buruk pada kesehatan gigi, yaitu;
Memakan apel
Menurut para ilmuwan, ada beberapa jenis apel yang mengandung 4 sendok teh gula yang dapat meningkatkan keasaman mulut yang tentu saja berefek buruk bagi kesehatan gigi. Namun, apel juga mengandung kalsium yang mampu menetralkan asam dan memperkuat jaringan tulang, termasuk gigi.
Menurut David Bartlett, Kepala Departemen Prostodontik di King's College, masalahnya bukan apa yang kita makan, tapi bagaimana kita memakannya. Ketika seseorang makan apel secara perlahan, maka kadar asam yang tinggi pada apel memakan waktu lama dalam merusak gigi.
Temuan ini disimpulkan berdasarkan pada penelitian terhadap 1.000 responden berusia 18 - 30 tahun. Para peneliti sangat tertarik pada hubungan antara apa yang dikonsumsi oleh responden dan isu-isu pada enamel dan dentin. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa responden yang menyukai apel berisiko 3,7 kali lebih tinggi mengalami kerusakan gigi.
Minuman yang bisa merusak gigi
Anggur, bir, dan jus buah memberikan risiko empat kali lebih tinggi pada kerusakan gigi dan bahkan bisa lebih tinggi lagi ketika dikonsumsi secara teratur. Padahal, jus buah adalah minuman yang lebih sehat dibandingkan dengan yang lain. Menyiasatinya, bisa saja menggunakan sedotan dan memilih jus buah segar tanpa gula.
Batangan sereal
Mengapa batangan sereal masuk dalam daftar hitam dokter gigi? Rupanya dibentuk menjadi batangan sereal malahan mengandung gula dalam jumlah besar yang tentunya tidak baik bagi kesehatan gigi.
Menyikat gigi setelah makan
Menyikat gigi segera setelah makan tidaklah bermanfaat malahan akan membahayakan gigi. Ketika makan, enamel gigi sedang melunak karena pengaruh asam sehingga sangat rentan dan rapuh. Kita malah membuat gigi semakin rusak bila menyikat gigi segera setelah makan. Lebih baik jika menyikat gigi dilakukan sekitar 30 menit setelah makan.
Apakah mengunyah permen karet merusak gigi?
Hal ini masih kontroversi. Ada dokter gigi yang menyatakan permen karet baik untuk gigi, sementara yang lain mengatakan itu berbahaya. Menurut Dr. Junket dari Universitas Boston, permen karet tanpa gula, terutama dengan rasa buah, mengandung kadar asam yang cukup tinggi. Asam ini akan berpengaruh pada enamel gigi dan meningkatkan kerusakan gigi sehat.
Penelitian lain menunjukkan bahwa mengunyah permen karet setelah makan besar, dan setelah ngemil, bisa mengurangi risiko kerusakan gigi hingga 40%. Permen karet sangat efektif saat dikunyah selam 20 menit setelah makan, ketika asam di mulut sangat aktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...