10 Aplikasi Fotografi untuk iPhone

Dukungan aplikasi yang mencapai ratusan ribu jumlahnya, ditunjang berbagai aksesoris pelengkap membuat Apple iPhone menjadi dambaan banyak orang.
Salah satu keunggulan iPhone yang membuatnya begitu populer adalah kemampuan kameranya. Bahkan saat ini muncul istilah tersendiri bagi para pecinta fotografi lewat iPhone dengan nama iPhonegraphy yang telah banyak pengikutnya  di seluruh dunia termasuk Indonesia.
Bagi Anda yang telah memiliki iPhone dan ingin lebih mengasah kreativitas dalam mengambil foto dengan iPhone, berikut kami pilihkan 10 aplikasi fotografi yang dapat membuat kegiatan fotografi lebih menyenangkan.

1. Instagram
Saat ini Instagram bisa dibilang aplikasi yang paling populer untuk iPhone. Jumlah pengguna yang banyak, fitur berbagi foto yang sangat mudah dan statusnya yang gratis menjadikan aplikasi fotografi yang satu ini menjadi tambah populer setiap harinya.
Instagram merupakan aplikasi fotografi yang menyediakan berbagai efek foto untuk dipilih. Tersedia beberapa efek foto warna retro yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan untuk mempercantik foto Anda tersebut.
Yang membuatnya lebih menarik lagi, untuk memulai Instagram ini Anda harus bergabung lebih dahulu pada komunitas Instagram. Nah setelah foto diambil dan diberi efek, foto Anda tersebut akan langsung secara otomatis terunggah ke galeri foto Anda di Instagram atau langsung dapat dibagikan ke teman-teman Anda yang ada di jejaring sosial seperti Twitter atau Facebook.

2. Hipstamatic
Pernah dengar istilah Toy Camera? Jika dulu kita harus membeli kamera digital khusus yang memakai film, kini Anda dapat mengubah kamera iPhone agar menghasilkan foto dengan efek yang mirip seperti toy camera hanya menggunakan aplikasi berikut.
Hipstamatic memberikan beberapa opsi pilihan untuk membuat kegiatan fotografi Anda lebih menyenangkan. Tersedia beberapa jenis pilihan roll film, jenis lensa hingga flash yang penggunaan masing-masing pilihan opsi tersebut dapat menghasilkan efek dan warna foto yang berbeda pula.
Jika merasa kurang puas dengan efek yang ditawarkan, Hipstamatic juga menyediakan beberapa opsi pilihan roll film, lensa dan flash yang berbayar untuk melengkapi opsi gratisan yang disediakannya.
Anda dapat mengunduhnya melalui Appstore dengan harga US$ 1.99. Untuk lensa dan efek tambahan, dapat dibeli terpisah dalam aplikasi Hipstamatic.

3, Magic Shutter
Fungsi kamera pada iPhone memang bisa dibilang sangat minim pengaturan. Anda tidak bisa mengatur bukaan diafragma atau mengatur kecepatan rana dalam menangkap momen yang Anda inginkan. Tapi berkat dukungan Aplikasi Magic Shutter berikut, Anda dapat memberikan sedikit peningkatan pada kamera iPhone.
Magic Shutter merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi Anda yang ingin bereksperimen dengan kamera iPhone. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengatur kecepatan rana dalam menangkap gambar.
Dengan Magic Shutter, Anda dapat berfoto di kondisi gelap hanya dengan mengatur kecepatan rana atau shutter speed pada iPhone. Kegunaan lain adalah untuk berkreasi dengan light painting yang memang membutuhkan shutter speed ekstra lambat. Temukan Magic Shutter di Appstore dengan harga US$ 2.99

4.ProHDR
Demam fotografi HDR sekarang mungkin tidak sepopuler beberapa waktu lalu. Untuk membuat foto HDR pun saat ini semakin mudah dengan banyaknya fitur HDR yang disediakan pada kamera saku hingga kamera prosumer.
Seakan tidak mau ketinggalan degan kamera saku, iPhone juga sekarang dapat digunakan untuk menghasilkan foto HDR lebih baik dengan aplikasi bernama ProHDR walau pada opsi pengaturan kamera iPhone sendiri juga telah tersedia opsi HDR.
Dengan Aplikasi ProHDR ini, Anda dapat menghasikan foto HDR menggunakan iPhone dengan amat mudah. Saat mengambil foto, kamera mengambil tiga foto pada tiga setting exposure yang berbeda. Kemudian Anda tinggal mengolahnya dengan menyesuaikan berbagai opsi seperti brightness, contrast, dan sebagainya. Pro HDR dijual dengan harga US$ 1.99 dan bisa diunduh melalui Appstore.

5. Photoshop Express
Sebagai sebuah program pengolahan foto paling populer saat ini untuk Platform Windows dan Mac OS, Photoshop memang masih tetap menjadi unggulan para desainer atau fotografer dalam mengolah foto. Begitu pula dengan aplikasi Photoshop Express yang kini dihadirkan Adobe untuk platform iOS. Tentunya jangan harapkan fitur secanggih versi desktop.
Dengan Photoshop Express, Anda dapat melakukan pengolahan foto seperti croping, mengatur gelap terang, saturasi hingga memberikan efek foto melalui beberapa opsi efek yang disediakan. Yang terpenting, aplikasi ini tersedia gratis di Appstore.

6. TiltShift Generator
Pernah membayangkan menghasilkan foto seperti efek miniatur? Ternyata dengan berbekal aplikasi ini di iPhone, Anda dapat menghasilkan foto dengan efek miniatur dengan sangat mudah.
TiltShift Generator merupakan aplikasi untuk membuat Depth Of Field (DOF) buatan, dengan mengatur area kabur di sekitar objek utama hanya lewat sentuhan jari Anda. Anda dapat mengatur tingkat blur,  gelap terang gambar hingga warna untuk menghasilkan efek miniatur yang maksimal sesuai dengan keinginan Anda.
Meski hadir untuk iPhone, TiltShift Generator kini juga hadir dalam versi desktop, jadi bisa digunakan juga bagi Anda yang tidak mempunyai iPhone. TiltShift Generator tersedia di Appstore dengan harga US$ 0.99

7. Pano
Penggemar fotografi landscape wajib memiliki aplikasi yang satu ini. Jika biasanya Anda membutuhkan kamera dengan lensa ultra lebar untuk mengambil foto panorama, maka dengan Pano, Anda cukup bermodalkan iPhone kini foto landscape dapat dihasilkan dengan lebih cepat dan mudah.
Dengan Pano Anda dapat mengambil hingga 16 foto secara horisontal atau vertikal lalu kemudian semua foto tersebut digabungkan menjadi satu kesatuan foto landscape dengan hasil foto sekitar 800x8600 pixel yang dapat dicetak untuk dijadikan koleksi di Album foto Anda. Praktis dan murah. Mau mencobanya? Pano dapat dimiliki lewat Appstore dengan harga US$ 1.99.

8. FX Photo Studio
Inilah aplikasi fotografi pada iPhone yang menyediakan opsi filter foto terbanyak saat ini. Dengan harga yang relatif terjangkau serta tampilan yang sangat sederhana dan mudah digunakan, FX Photo Studio menyediakan 187 opsi filter yang dapat  dipilih untuk menghasilkan foto yang sesuai dengan imajinasi Anda. 
Yang menarik, Anda tidak hanya dibatasi menggunakan satu filter saja, tapi juga dapat menambahkan dan mengabungkannya dengan efek lain seperti bingkai. Hasil foto akhir kemudian akan dapat dibagikan dengan mudah ke teman-teman di Facebook atau Twitter. FX Photo Studio tersedia di Appstore dengan harga US$ 0.99

9. Camera+
Untuk lebih mengoptimalkan pengambilan foto dengan iPhone, Camera+ merupakan salah satu aplikasi yang dapat dijadikan alternatif pilihan di antara banyaknya aplikasi sejenis di Appstore.
Camera+ menyediakan fitur untuk mengatur eksposur dan fokus serta beberapa fitur lain yang akan memudahkan Anda dalam memotret seperti fitur stabilzer untuk mengurangi blur akibat tangan Anda yang bergoyang, timer hingga burst shot yang dapat digunakan untuk mengambil foto secara continuous.
Selain itu, Camera+ juga menyediakan opsi pengolahan foto yang mencakup pengaturan warna, pengaturan gelap terang hingga berbagai efek menarik untuk menjadikan foto menjadi lebih menarik. Camera+ dijual dengan harga US$ 0.99 di Appstore.

10. Simply B&W
Ada yang beranggapan foto hitam putih menyimpan banyak makna. Dengan Simply B&W, Anda dapat mengatur tingkat hitam dan putih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Tersedia 6 pilhan filter hitam putih dengan tingkat hitam putih yang berbeda untuk diterapkan di  foto Anda.
Tidak terbatas pada tingkat warna hitam dan putih saja, aplikasi ini juga menyediakan beberapa opsi pengaturan seperti pengaturan gelap terang, tingkat kontras, dan tingkat grain yang ada di foto. Anda juga dapat memberikan beberapa efek seperti Vignette dan bingkai yang dapat digunakan untuk mempercantik hasil karya Anda. Simply B&W dijual seharga US$ 0.99 dan dapat diunduh melalui Appstore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...