Kiat Memilih Daging Merah

Sekilas penampilan daging dari ternak ruminansia (sapi, kerbau, domba, dan kambing) tampak sama. Tapi kalau mau sedikit lebih teliti, daging merah dari ternak yang berbeda tampilannya pun lain. Ciri-cirinya bisa dikatakan begini:
* Daging kambing: tekstur halus dan lunak, berbau prengus, serat daging berwarna merah muda, urat daging mencolok, serta banyak dilapisi lemak putih yang kering.
* Daging sapi dewasa: tekstur halus, serat daging berwarna merah segar, dan cukup berlemak.
* Daging sapi muda: tekstur sangat halus, serat daging berwarna salem sampai merah muda sekali, dan sedikit mengandung lemak.
* Daging kerbau: tekstur kasar, serat daging berwarna merah manggis, serta sedikit berlemak dan kering.
Namun pengetahuan tentang ciri-ciri di atas saja belumlah cukup untuk bisa memilih daging yang baik. Masih diperlukan kiat tambahan agar daging yang Anda pilih benar-benar baik. Kiat-kiat itu adalah:
* Pegang daging yang akan dipilih. Jika terasa basah dan tidak lengket di tangan, daging itu berkualitas baik.
*Perhatikan kondisinya. Daging yang baik tidak kaku, tapi cukup elastis.
*Perhatikan pula warnanya. Daging yang baik berwarna cerah dan berkilat. Jangan pilih daging berwarna kehitaman atau keunguan.
* Jangan memilih yang berlendir.
Bekal pengetahuan dan kiat ini lebih terasa manfaatnya bila Anda belanja daging merah di pasar tradisional. Di pasar swalayan Anda kemungkinan besar hanya sedikit membutuhkan bekal itu, karena umumnya daging yang dijual di sana sudah terpilih. Bahkan sudah ada yang dipotong kecil-kecil atau digiling. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...