Limbah Nuklir Berbahaya Kini Berhasil 'Dijinakkan'

Limbah nuklir termasuk dalam kategori limbah yang sulit dinetralkan. Kini peneliti Amerika Serikat (AS) mengaku berhasil menemukan ‘senjata’ untuk menetralkannya.
Peneliti menemukan mikroba yang mampu membersihkan serta menetralkan limbah nuklir dan racun besi lainnya melalui listrik yang dihasilkan mikroba itu sendiri.
Peneliti dari Michigan State University (MSU) mengatakan, proses ini bisa ditingkatkan dan akhirnya menguntungkan situs yang terpengaruh kontaminasi nuklir.
Kemampuan mikroba Geobacter ini dalam melumpuhkan uranium telah dicatat dengan baik, namun cara tepat mereka melakukan tugasnya masih menjadi misteri hingga kini di saat para peneliti mengaku menemukannya.
Peneliti mengaku menemukan pili atau kabel nano konduktif yang berkontribusi dalam kemampuan menetralkan mikroba ini melalui aktivitas listrik.
“Temuan kami jelas menunjukkan, kabel nano mikroba ini menjadi katalis utama reduksi uranium,” ujar ahli mikrobiologi Gemma Reguera dari MSU.
Bagian ini sangat penting dalam melakukan versi alami menyepuh dengan listrik uranium, melumpuhkan bahan radioaktif dan mencegahnya mencemari air tanah, lanjutnya.
“Perisai kabel nano Geobacter membuat mikroba ini bisa melawan lingkungan beracun,” lanjutnya lagi seperti ditulis UPI.
Reguera dan rekannya mengaku berhasil merekayasa genetik mikroba ini dan meningkatkan produksi kabel nano yang akan meningkatkan kemampuan untuk melumpuhkan uranium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...