Skenario Penyelamatan Bumi Versi China

Ilmuwan China merancang rencana menyelamatkan bumi dari hantaman asteroid tahun 2036. Sekelompok ahli astronomi China yang dipimpin Shengping Gong dari Universitas Tsinghua, Beijing, menyiapkan rencana untuk menghindari hantaman asteroid Apophis pada bumi. Tabrakan ini diperkirakan akan terjadi pada 2036.
Ilmuwan lain mengatakan, kemungkinan kecil peristiwa tabrakan ini tidak akan terjadi karena asteroid tersebut akan tergerus menjadi serpihan. Walau begitu, diberitakan The Hindu, Gong tetap berrencana membuat dan memasang sebuah pesawat luar angkasa untuk mengubah haluan gerak asteroid itu.
Pesawat ini akan berkecepatan 90 km/detik, yang jika berhasil diciptakan, akan mampu mencegah Apophis kembali ke bumi.
Walau idenya bagus, tapi kemungkinan besar akan sulit terrealisasi karena bisa jadi pesawat ini malah akan rusak akibat terkena badai matahari.
Ilmuwan memperkirakan asteroid Apophis berdiameter 270 meter ini, akan berada pada posisi 37.000—38.000 km dari bumi pada 2029. Asteroid berbobot 46 juta ton itu diperkirakan dapat menghancurkan satu negara di Eropa. Peristiwa tabrakannya diprediksi terjadi pada 13 April 2036.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...