Mahasiswa Berhasil Ukur Semesta Secara Akurat

Mahasiswa universitas di Australia berhasil menghasilkan salah satu pengukuran paling akurat pada seberapa cepat semesta meluas. Bagaimana bisa? 
Kandidat doktoral Florian Beutler di West Australia’s International Canter for Radio Astronomy Research (ICRAR) berhasil menghitung seberapa cepat semesta tumbuh melalui pengukuran yang disebut konstan Hubble seperti ditulis UPI.
“Konstan Hubble merupakan angka kunci dalam astronomi karena angka ini digunakan untuk menghitung ukuran dan usia semesta,” ujarnya.
Seiring perluasan semesta, galaksi pun ikut menjauh dari tata surya dan konstan Hubble menghubungkan seberapa cepat galaksi bergerak dengan seberapa jauh ia menjauh.
Melalui analisa cahaya yang datang dari galaksi jauh, kecepatan dan arah galaksi bisa dengan mudah diukur dan mengamati kecerahan obyek individual dalam galaksi membuat astronom bisa menghitung seberapa jauh galaksi seharusnya.
"Namun metode menentukan jarak galaksi dari Bumi ini rentan pada kesalahan sistematis," ujar astronom.
Beutler menganalisa lebih dari 125.000 galaksi dalam survei terbesar terkait galaksi terdekat yang menyelimuti hampir setengah langit.
Galaksi tak menyebar rata di luar angkasa, namun secara berkelompok dan mengukur kelompok galaksi yang telah disurvei plus informasi lain dari observasi semesta awal, Beutler berhasil mengukur konstan Hubble dengan keraguan kurang dari 5%.
“Cara ini langsung dan akurat dan mampu menyediakan verifikasi independen. Pengukuran baru ini sesuai dengan pengukuran sebelumnya dan menyediakan pemeriksaan kuat pada pengukuran sebelumnya,” ujar Direktur Australian Astronomical Observatory Profesor Matthew Colless.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...