Ilmuwan Bikin 'Penyelamat' Jiwa

Ilmuwan Amerika Serikat berhasil mengembangkan ‘senjata’ baru guna melawan penyakit terkait jantung. ‘Penyelamat’ ini bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Ilmuwan berhasil menciptakan nanostruktur yang mampu menumbuhkan pembuluh darah sebagai terapi untuk kondisi dengan aliran darah sangat membutuhkan pasokan oksigen untuk jaringan.
Kekurangan oksigen mampu merusak jaringan jantung yang berakibat serangan jantung atau penyakit arteri perifer. Terutama pada pengidap diabetes, hal ini bisa berakibat amputasi.
Profesor kimia dan materi sains Samuel I Stupp bersama rekannya merancang nanostruktur buatan yang mampu meniru protein alami guna memicu serangkaian peristiwa kompleks yang mampu mendorong pertumbuhan pembuluh darah baru.
"Tujuan penting dalam obat regeratif adalah, kemampuan menumbuhkan pembuluh darah sesuai permintaan,” ujarnya.
Meningkatkan aliran darah merupakan hal penting dimana pembuluh darah terbatas dan organ transplantasi butuh memberi makan dengan benar, lanjutnya.
Nanostruktur ini merupakan bentuk permukaan berserat dengan kepadatan peptida per serat yang tinggi yang mampu meniru efek biologis protein yang dikenal sebagai faktor pertumbuhan endotel vaskular.
Bagian inilah yang memberi isyarat pada sel untuk memroses pertumbuhan pembuluh darah.
"Menggunakan kimia sederhana, kami berhasil menghasilkan struktur buatan melalui rancangan yang mampu memicu peristiwa kompleks,” tutupnya seperti ditulis UPI.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...