Dapatkah Hewan Menguasai Bahasa?

Bila bahasa adalah sistem komunikasi terbuka menggunakan simbol dan penggantian, dapatkah hewan memiliki bahasa? Sedikit spesies menunjukkan sebagian kemampuan berbahasa.
Alex, seekor beo abu-abu Afrika, dapat menentukan warna, bentuk, jumlah, dan bahan benda. Ketika para peneliti bertanya pada Alex, “Apa warna jagung?” tanpa ada jagung disekitarnya, Alex menjawab “kuning.” Alex pastinya tahu simbol “jagung” untuk menjawab dengan benar; ia menggunakan simbol dan penggantian.
Alex

Rio, seekor singa laut, memilah huruf dan angka ke dalam kelompok-kelompok. Ia dapat memperluas pengelompokkan dengan memasukkan huruf dan angka baru dan dapat menemukan kesamaan sederhana antar grup.
Koko dan Kucing Peliharaannya

Banyak eksperimen menunjukkan kalau monyet dapat menghitung dan memahami konsep “lebih banyak” dan “lebih sedikit”.
Simpanse Washoe

Kera telah diajarkan sejenis bahasa Isyarat Amerika dan gaya komunikasi simbolik lainnya. Mereka memahami ucapan manusia dan dapat merespon dengan benar pada permintaan verbal yang rumit seperti, “Ambilkan air dan matikan api unggunnya.” Washoe, seekor simpanse, bukan hanya mampu mempelajari 132 isyarat, ia juga mengajarkannya pada simpanse lainnya. Koko, seekor gorila, mengetahui  lebih dari 1000 isyarat, meminta, mendapatkan, dan memberi nama seekor kucing peliharaannya sendiri. Koko dan tetangga gorilanya, Michael, berkomunikasi satu sama lain lewat isyarat. Kanzi, seekor bonobo, mempelajari komunikasi simbolik hanya dengan melihat ibunya diajar, tidak lewat latihan atau hadiah.
Kanzi

Komunikator-komunikator kera ini dapat mengkombinasikan simbol-simbol untuk membentuk makna yang koheren, mengatakan hal-hal baru, dan menunjukkan pemikiran dan emosi. Karenanya, sebagian hewan dapat memiliki kemampuan yang dipandang oleh para peneliti sebagai bahasa walaupun mereka tidak berbicara seperti manusia. Kecerdasan hewan jauh lebih rumit daripada yang pernah kita duga sebelumnya.

Faktailimah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...