Buah Berkhasiat Untuk Kesehatan Kulit Saat Berpuasa

Mengonsumsi sejumlah buah-buahan dapat membantu Anda mengurangi tanda-tanda penuaan, mencerahkan kulit kusam, dan menjaga kekenyalan kulit saat berpuasa. Buah apa saja yang paling berkhasiat?

Bagi Anda yang menjalaninya, bulan puasa seperti ini pasti akan mengurangi pasokan cairan yang masuk ke tubuh. Asupan air, mineral dan vitamin yang penting bagi kelembapan dan kesehatan kulit sangat menurun.

Akibatnya bibir pun pecah-pecah, kulit menjadi kering dan kusam, Anda pun tidak tampil segar. Menambahkan beberapa buah-buahan bergizi dapat membantu Anda mengurangi tanda-tanda penuaan, mencerahkan kulit kusam, dan menjaga kekenyalan kulit saat berpuasa.
Berikut ini beberapa buah yang berkhasiat bagi kesehatan kulit semasa Anda berpuasa:

‘Blackberry’, ‘blueberry’, stroberi dan plum.
Menurut Dewan Informasi Makanan Internasional, keempat buah ini mengandung konsentrasi tinggi antioksidan. Meskipun penelitian ini masih belum meyakinkan, antioksidan (khususnya jenis yang dikenal sebagai flavonoid) dipercaya berkhasiat menetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Sangat mudah untuk mengingat makanan mana yang memiliki antioksidan karena mereka kaya akan warna.

Pepaya
Kandungan di dalam pepaya berkhasiat menjaga kekencangan kulit dan mencegahnya kendur. Sebagai buah yang mengandung antioksidan terbanyak, buah tropis ini juga memiliki beta-karoten, vitamin C, flavonoid, folat, kalium, magnesium, dan serat. Vitamin C penting bagi produksi kolagen, protein yang menyediakan kulit dengan struktur dan memberi kekencangan dan kekuatan pada kulit.

Pir, kurma, apel dan pisang
Serat — yang berguna untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh — sering dikandung dalam buah-buahan. Penelitian di School of Medicine Tufts University membuktikan, serat juga membantu mencegah racun mencapai jaringan kulit Anda dengan memindahkannya ke usus dan mengantarkannya ke luar sebagai kotoran. Pir, kurma, apel dan pisang, kaya akan serat, dan rasa manis alami mereka dapat memuaskan keinginan mengonsumsi gula. Gula pasir bisa menyebabkan peradangan yang bisa membahayakan kesehatan kulit Anda.

Alpukat
WebMD.com mencatat bahwa jika kulit Anda kering, Anda harus mulai mengonsumsi buah alpukat. Meskipun buah ini tinggi kandungan lemak, mereka kaya akan lemak tak jenuh tunggal — yang dikategorikan sebagai lemak sehat. Lemak tak jenuh tunggal sangat penting untuk kulit Anda, karena mereka membantu melembabkannya dan menggantikan minyak yang terbuang saat kita menjalani rutinitas membersihkan muka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...