Berusaha Bikin Reaktor Nuklir di Dapur, Pria Swedia Ditangkap

Stockholm (ANTARA/Reuters) - Mahalnya biaya jadi orang kreatif dialami seorang pria Swedia! Ia dibekuk petugas setelah berusaha membuat reaktor nuklir di dapur rumahnya dan mendokumentasikan upayanya di Internet, kata pihak berwenang dan pria itu, Kamis (4/8).
Richard Handl (31), dari Angelholm di Swedia selatan, mengumpulkan bahan-bahan termasuk detektor asap, jam dinding dan jam tangan dan lewat pembelian di Internet.
"Saya cuma ingin tahu apakah itu mungkin (dilakukan), ini cuma hobi, kok!" kata Handl sebagaimana dikutip Reuters, yang dipantau ANTARA di Jakarta, Jumat. Handl saat ini menganggur tapi pernah jadi pekerja di satu pabrik sistem ventilasi.
Ia mendokumentasikan upayanya di satu blog dan lama Facebooknya.
Ia sempat mencampur beberapa bahan di tempat masak --americum, radium, beryllium dan 96 persen asam sulfat.
Americum adalah unsur sintetis yang memiliki simbol Am dan nomor atom 95. Radium adalah unsur kimia yang mempunyai simbol Ra dan nomor atom 88. Beryllium adalah unsur kimi dengan simbol Be dan nomor atom 4.
"Ledakan mengejutkan terjadi sekitar tiga atau empat bulan lalu dan polisi datang dua pekan lalu," katanya.
Setelah kejadian lain, yang ia sebut "The Meltdown" di blognya, ia mengatakan ia "membersihkan kekacauan di kompor dan kemudian saya membeli radium lagi dan melanjutkan percobaan".
Radiation Safety Authority mengatakan di dalam satu pernyataan pihak berwenang menyerbu flat Handl pada 20 Juli, setelah mendengar ia sedang menangani bahan nuklir dengan cara yang tak aman.
"Tak ada peningkatan radiasi di apartemen tersebut dan tetangganya tak terpajan radiasi," kata Kepala Peneliti Leif Moberg di dalam satu pernyataan.
Handl ditahan dan tak lama kemudian dibebaskan. "Saya masih dijadikan tersangka pelaku kejahatan berdasarkan hukum keselamatan radiasi
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...