Minggu, Juli 17, 2011

Makhluk-makhluk Teraneh di Dunia

Mulai dari bakteri yang mampu bertahan hidup dalam batu hingga mikroba yang mampu menahan panas, dingin dan radiasi luar biasa, kehidupan bisa memiliki bentuk ekstrim.
Makhluk-makhluk ini seolah mengatakan ia tak hanya mampu hidup di Bumi juga di di bagian lain di alam semesta. Berikut beberapa contoh makhluk mengangumkan yang disebut Extremophile.
Dunaliela Algae
Organisme ini ditemukan pada 2010 di sebuah gua di gurun Atacama, Chile. Organisme ini mampu bertahan hidup dalam kondisi air yang sangat sedikit. Meski hidup di bagian terkering Bumi, mikroba ini tumbuh di atas jaring laba-laba untuk mengkapitalisasi embun.



Hyperthermophiles
Spesies ini merupakan spesies yang mampu bertahan hidup di lingkungan yang memiliki panas ekstrim. Genus Aquifex bakteri ini bisa ditemukan di sumber air panas di Yellowstone National Park yang memiliki suhu 96 derajat Celsius.
Thermococcus
Mikroba ini mampu bertahan hidup dengan energi yang sangat sedikit. Bahkan, hingga kini, reaksi kimia yang digunakan mikroba ini dianggap tak bisa digunakan mempertahankan kehidupan.
Organisme ini ditemukan di dekat ventilasi hydrothermal laut dalam tempat air super panas keluar dari kerak Bumi dekat Papua Nugini. Menambahkan penggunaan energi yang sangat hemat pada mikroba ini, mikroba ini mampu bertahan pada suhu ekstrim yang tak bisa ditahan makhluk lain.
Halophilic
Mikroorganisme tahan garam ini mampu menahan konsentrasi garam yang bisa mengeringkan kebanyakan kehidupan. Misalnya, bakteri Halobacterium Halobium. Bakteri ini mampu hidup di lingkungan yang memiliki kadar garam 10 kali air laut.
Psychrophiles
Mikroba ini ditemukan di es, gletser, dan air laut dalam di kutub. Mikroba ini mampu menahan suhu dingin serendah minus 15 derajat Celsius. Fungi dan algae ini sebagian besar berisi enzim yang beradaptasi pada suhu rendah. Mikroba ini ditemukan di laut Antartika dan Arktik dan di bawah lepisa es Siberia.
Deinococcus Radiodurans
Spesies ekstrim ini membuktikan mantel mereka mampu menahan jumlah radiasi yang intens. Bakteri inibisa bertahan dari 15 ribu dosis abu-abu radiasi. Seperti diketahui, dosis 10 abu-abu radiasi bisa membunuh manusia.
Nyatanya, spesies ini juga bisa bertahan hidup di kondisi ekstrim lainnya. Termasuk dingin, dehidrasi, ruang hampa dan asam. Guinness Book of World Records memasukkan bakteri ini sebagai bakteri terkuat dunia.
Endoliths
Organisme ini mampu hidup di dalam batu atau tempat lain yang dianggap tak bisa menjadi tempat hidup, seperti di pori-pori yang ada di butir mineral. Spesies ini ditemukan tiga km di bawah permukaan Bumi dan banyak diantaranya hidup di tempat yang lebih dalam.
Air sangat sulit dicari di kedalaman ini namun beberapa hasil studi menyatakan, organisme ini makan dari besi, potasium, atau belerang disekitarnya. Selain itu, organisme ini juga dikenal tahan pada angin dan radiasi matahari.
Loriciferian
Makhluk yang baru saja ditemukan ini termasuk dalam spesies yang tak terdeskripsikan dari genus Spinoloricus. Makhluk ini memiliki organel khusus yang membuatnya bisa bertahan tanpa oksigen.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini