Cara Kerja Vaksin

Headline
Vaksin seperti latihan sistem kekebalan. Vaksin menyiapkan tubuh agar siap melawan penyakit tanpa memaparkan gejala-gejala penyakit tertentu. Berikut cara kerjanya.

Saat penyusup asing seperti bakteri atau virus memasuki tubuh, sel kekebalan Lymphocytes merespon dengan memproduksi molekul protein (antibodi). Antibodi inilah yang melawan penyusup (antigen) dan melindungi agar tak terjadi infeksi lebih lanjut.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), individu sehat bisa menghasilkan jutaan antibodi sehari guna melawan infeksi akibat masuknya antigen yang tak diketahui ke dalam tubuh secara efisien.

Namun saat pertama tubuh menghadapi penyusup ini, butuh beberapa hari agar antibodi mau merespon. Pada antigen yang benar-benar 'menjijikkan', seperti campak atau batuk, beberapa hari agar antibodi muncul terasa terlalu lama.

Pasalnya, infeksi bisa menyebar, bahkan membunuh seseorang sebelum sistem kekebalan sempat melawannya. Saat itulah, vaksin datang.

Menurut Children’s Hospital of Philadelphia Vaccine Education Center, vaksin terbuat dari antigen mati atau lemah.

Antigen ini tak bisa menyebabkan infeksi, namun sistem kekebalan tubuh masih menganggapnya sebagai musuh dan meresponnya dengan antibodi. Setelah ancaman berlalu, banyak antibodi ‘pergi’, namun sel kekebalan meminta sel memori tetap tingggal.

Saat tubuh menghadapi antigen kembali, sel memori menghasilkan antibodi dengan cepat dan menyerang penyusup sebelum terlambat. Vaksin juga bekerja di tingkat komunitas.

Menurut CDC, orang yang terlalu muda atau sistem kekebalannya terlalu lemah tak bisa divaksin.

Namun, jika semua orang divaksin, orang yang tak divaksin akan dilindungi Herd Immunity. Dalam kata lain, hal inilah yang menjaga orang tak terinfeksi sehingga tak sakit.

Sumber INILAH.COM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...