Minggu, April 24, 2011

Trik agar tak salah memilih sampo

Berikut sejumlah trik agar Anda tak salah memilih sampo demi mendapatkan rambut yang indah dan sehat:

Kenali tekstur rambut Anda
Hal yang pertama harus kita lakukan adalah mengenali tekstur rambut. Apakah cabangnya besar dan berisi, tipis dan rapuh, lurus ataukah keriting.

Tekstur inilah yang akan membantu kita menentukan sampo mana yang harus dipilih. Rambut keriting tidak membutuhkan sampo berjenis volumizing, karena ia akan terlihat terlalu mengembang. Sedangkan rambut tipis membutuhkan sampo volumizing sehingga ia terlihat lebih sehat dan berisi.

Kenali masalah rambut Anda

Terlebih dahulu Anda harus mengenali problem rambut apa yang sedang Anda alami. Jika rambut Anda tidak memiliki masalah dengan ketombe, jangan memilih sampo yang formulanya diciptakan untuk mengatasi ketombe.

Apabila kulit kepala Anda jenis yang berminyak, maka pilih sampo dengan formula yang bisa mengurangi kandungan minyaknya.

Tentukan gaya Anda
Salah memilih sampo akan membuat gaya rambut jadi terlihat biasa. Mereka yang memangkas rambutnya bob style disarankan untuk memilih shampoo volumizing agar bentuk nya terlihat cantik dan mengembang sempurna. Dan apabila Anda punya wavy style, maka pilih shampoo yang khusus untuk wavy hair.

Berikan proteksi pada rambut
Beberapa rambut dengan kondisi khusus memang membutuhkan perlindungan lebih, seperti rambut yang diwarnai, rambut setelah dismoothing atau diluruskan, rambut yang dikeriting. Mereka membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga penampilan dan melindungi mereka.

Hindari memilih sampo yang berfungsi menghitamkan padahal rambut Anda sedang diwarnai dengan warna lain. Hal ini akan mengakibatkan warna cat rambut jadi pudar.

Kenali jenis rambut Anda

Apakah rambut Anda kering, berminyak atau kombinasi di antara keduanya? Anda harus tahu hal dasar tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu akan lebih mudah memilih dan menentukan nutrisi mana yang dibutuhkan oleh rambut Anda.

Karena rambut adalah mahkota wanita, panjang atau pendek rambut tersebut haruslah kita berikan perawatan yang terbaik. Jadi, masihkah Anda memilih shampoo hanya berdasarkan aromanya?



sumber yahoo.com