Rabu, April 06, 2011

Beberapa tanaman obat tradisional

Pacing (Costus speciosus)
Pacing memiliki sejarah pengobatan. Dalam Ayurweda, akarnya (rhizoma) digunakan untuk perawatan demam, ruam, asma, bronkitis dan cacingan. Dalam Kamasutra, ia disebutkan sebagai kosmetik untuk digunakan di bulu mata untuk meningkatkan daya tarik seksual.
Mangga
Penemuan terbaru 2010 kemarin adalah mangga ternyata mampu mencegah perkembangan sel kanker payudara dan usus besar tertentu. Walau mangga tidak punya sifat antioksidan, polifenol (khususnya gallotannin) didalamnya mampu menghambat perkembangan kanker payudara dan usus besar. Ia juga berpengaruh meredakan perkembangan kanker prostat, leukemia dan paru.
Kayu Putih
Minyak kayu putih ditemukan pada tahun 2010 kemarin bermanfaat untuk mencegah enzim COX-2 yang menyebabkan pendarahan. Zat kimia yang terkandung dalam minyak kayu putih yang bertanggung jawab menekan aktivitas enzim ini adalah carvacrol.
Secara keseluruhan, kayu putih juga memiliki kemampuan untuk dijadikan biomassa untuk bahan bakar nabati. Walau begitu, mengingat pengalaman buruk kita dengan bahan bakar nabati (minyak sawit dan etanol dari jagung), perlu dilakukan kajian yang lebih mendalam mengenai dampak lingkungan dan sosial dari penggunaan kayu putih sebagai bahan bakar.
Khasiat lain yang telah ditemukan ilmuan dari kayu putih adalah kemampuannya menghasilkan minyak untuk pembersih dan sebagai insektisida alami, serta mengeringkan rawa sehingga mengurangi resiko malaria. Masih banyak lagi manfaat dari kayu putih terutama bagi industri.
Dampak negatif kayu putih adalah konsumsi air yang sangat besar. Ia mengeringkan daerah sekitarnya.
Temulawak (Curcuma xanthornza)
Temulawak mengandung zat anti oksidan Curcumin yang menurunkan hambatan insulin dan mencegah diabetes tipe 2 pada model tikus dengan menghambat respon pendarahan yang memicu kegemukan. Ia juga menurunkan berat tubuh dan lemak walaupun kalorinya lebih tinggi, sehingga berguna untuk diet. Ia juga telah terbukti ilmiah memblokir perkembangan melanoma dan kanker jenis lainnya. Curcumin juga ditemukan meghambat metastasis pada paru tikus penderita kanker payudara. Selain itu, ada indikasi kalau ia berguna untuk perawatan Tuberkulosis, penyakit hati dan kanker usus besar.
Lavender
Aroma lavender, secara psikologi memiliki khasiat menurunkan stress. Ia juga berguna untuk mencegah infeksi yang resisten terhadap anti jamur. Penelitian lebih jauh menemukan kalau lavender merupakan herbisida alami, jadi bukan hanya untuk menghambat jamur, tapi juga tanaman gulma. Lavender juga dapat menyuburkan tanah sehingga membantu bioremediasi.
Walau begitu, ia berefek samping karena bila diusapkan terus menerus pada bayi dan anak laki-laki, dapat menyebabkan ginekomastia pra pubertas, penyakit pembesaran payudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini