Hati-hati membersihakan jerawat

Jerawat adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kotoran dalam pori-pori. Demikian definisi yang dipaparkan tim Rutgers State University seperti dikutip dari Modern Mom.
Ketika sebum atau minyak alami, sel-sel mati, rambut atau bakteri menyumbat pori-pori, maka bisa tumbuh komedo, jerawat, atau bahkan benjolan dan kista. Hormon juga memainkan peranan penting dalam timbulnya jerawat, karena hormon tertentu  membuat sebum.
Untuk menghindari terjadinya penyumbatan dalam pori-pori, pemicu jerawat, Anda harus membersihkan wajah dengan tepat. Terutama jika kulit sensitif terhadap jerawat. Ketahui cara tepat membersihkan wajah berjerawat.
Cuci dengan lembut
Mencuci wajah dengan lembut sangat penting untuk menjaga kulit dan mengobati jerawat. Meskipun Anda perlu mencuci muka, tetapi jangan terlalu sering atau menggosok terlalu kasar karena dapat membuat jerawat menjadi lebih parah. Jika tumbuh jerawat, Anda harus mencuci muka dua kali sehari. Sambil membersihkan wajah, lakukan pijatan perlahan pada wajah.
Sabun yang tepat
Jika jerawat Anda masuk dalam kategori sedang atau parah, pilih sabun pembersih jerawat yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide untuk hasil yang lebih baik.
Retinoid
Jika Anda memiliki komedo atau jerawat, selain membersihkannya dengan sabun wajah, gunakan juga retinoid, yang merupakan turunan dari vitamin A. Retinoid membantu meningkatkan pergantian sel kulit, yang dapat mengeluarkan bahan penyumbat pori-pori Anda. Retinoid juga mencegah jerawat baru dan pembentukan komedo. Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk krim atau gel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...