Tidak Semua Sayur & Buah Sehat

Seperti dikutip dari laman Times of India, Konsultan Kesehatan, Dr Tusna Park, mencontohkan, sayur semacam kubis, selada, dan kembang kol mengandung goitrogens, yang dapat menghambat penyerapan yodium oleh kelenjar tiroid. "Tapi dapat dicegah dengan garam beryodium," katanya.
Bagi beberapa orang yang sensitif, tomat juga bisa bereaksi menjadi racun dalam tubuh sehingga menimbulkan alergi. Gejala yang ditimbulkan biasanya keringat dingin dan nyeri di bagian perut usai mengonsumsi tomat. Reaksi yang sama juga bisa dimunculkan terung dan paprika. Sedangkan aprikot dan plum berpotensi menjadi racun pada mereka yang tak cocok dengan fruktosa.
Potensi racun juga tersimpan di dalam kentang. Racun umumnya terkandung dalam kentang yang berwarna hijau, bertunas, dan secara fisik telah rusak atau membusuk. Racun umumnya terkonsentrasi di daerah yang berwarna hijau, kulit, atau daerah di bawah kulit.
Kentang mengandung racun alami glikoalkaloid yang terdiri dari dua jenis racun utama, yaitu solanin dan chaconine. Namun, racun yang terkandung dalam kentang umumnya berkadar rendah dan tidak menimbulkan efek serius.
Buah dan sayur mentah atau yang tidak melalui pencucian sempurna juga perlu diwaspadai karena memungkinkan pestisida atau bakteri masih menempel. "Makan sayuran mentah yang tidak dicuci dengan baik dan buah-buahan yang telah dipotong bisa dihinggapi lalat, menyebabkan konsumennya berisiko terinfeksi gastrointestinal," kata Dr Park.
Jadi, selektiflah memilih sayur dan buah yang aman dikonsumsi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...