Pemanis buatan picu kelahiran prematur

Saat sedang hamil, sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman mengandung pemanis buatan. Menurut penelitian tim Statens Serum Institut di Copenhagen, Denmark, ada hubungan antara pemanis buatan dan kelahiran prematur.
Pemanis buatan seringkali tersembunyi di balik produk kemasan berlabel sehat seperti minuman diet bersoda. Kandungan pemanis buatan dalam soda inilah yang seringkali memicu tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko bayi lahir prematur.
Temuan itu diperoleh melalui penelitian terhadap 60.000 wanita hamil di Denmark. Para responden diminta melaporkan kebiasaan makan, termasuk seberapa banyak minuman bersoda yang mereka konsumsi selama sekitar 25 minggu kehamilan.
Sekitar lima persen wanita melahirkan bayi mereka pada usia kehamilan belum genap 37 minggu. Wanita yang setidaknya minum satu porsi soda per hari saat hamil, 38 persen lebih mungkin untuk melahirkan prematur daripada wanita yang tidak minum diet soda sama sekali.
Wanita yang setidaknya minum empat kaleng soda diet per hari hampir 80 persen lebih mungkin untuk melahirkan prematur. Para peneliti menuliskan temuan ini dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...