Sandy Bridge prosesor Intel berbasis 32 nanometer

Detail seputar prosesor Intel berbasis 32 nanometer, yakni Sandy Bridge telah beredar di Internet. Anda yang berharap akan dapat melakukan upgrade langsung terhadap prosesor Core i3 atau Core i5 yang Anda miliki saat ini silakan gigit jari. Apa pasal?

Menurut dokumen yang didapatkan oleh Bit-Tech, prosesor mainstream berbasis Sandy Bridge akan menggunakan soket baru, yakni LGA 1155. Soket ini selisih satu pin dengan soket yang ada saat ini yakni LGA 1156. Dan seperti biasa, tidak kompatibel satu sama lain.

Bagaimana dengan versi high end? Menurut dokumen tersebut, Sandy Bridge E (tampaknya kependekan dari Enthusiast atau Extreme) atau dengan nama lain Patsburg akan menggunakan soket yang lain lagi, yakni LGA 2011. Pin-pin baru tersebut akan digunakan oleh kontroler memori DDR3 empat kanal dan 32 jalur PCI Express 3.0.

Prosesor Sandy Bridge dual dan quad core akan tersedia dalam versi yang mengonsumsi daya rata-rata 65 watt dan 95 watt. Prosesor akan dilengkapi fitur Turbo Boost dan Hyper Threading. Fitur lain seperti kontroler PCI Express, memori, dan grafis terintegrasi juga disediakan.

Untuk platform Patsburg, 32 jalur PCI Express 3.0 bisa dibagi menjadi 2x16 atau 4x8 tergantung berapa VGA yang ditancapkan dan akan disambungkan lewat sebuah jalur DMI PCI-E 2.0 4x ke chip southbridge.

Prosesor Sandy Bridge untuk segmen mainstream diperkirakan akan hadir di kuartal keempat 2010 atau kuartal pertama 2011. Adapun model kelas atas diperkirakan muncul paling cepat pada kuartal ketiga 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...