Sabtu, Mei 01, 2010

draf blogger aplikasi terbaru dari blogger

Saat ini blogger udah ngeluarin aplikasi baru yang mana aplikasi ini digunakan untuk merancang template blog sesuka hati kita. Bisa ganti tulisan, background, tipe kolom blog, link dsb. TANPA kita harus berurusan dengan script templatenya. Pasti dah males kan kalo liat script template blogspot yang pake XML itu. Kayaknya emang belum bener-bener resmi dirilis seeh. Terbukti aplikasi ini masih memakai subdomain


Merupakan sebuah aplikasi baru dari blogspot yang seperti saya jelaskan diatas bahwa kita bisa merubah, memanipulasi theme blogspot kita tanpa harus berurusandengan script XML penyusun themenya. Sekilas memang tampilan sama dengan halaman Dashboard waktu login di blogspot. Tapi coba pilih menu Tata letak / Layout maka temen-temen akan menemukan link tambahan yakni Tempalte Designer / Perancang Template.

Dibawah ini merupakan halaman yang digunakan untuk mendesain atau merancang template kita.
Ada bebrapa menu dalam halamn tersebut yang dapat kita gunakan untuk memodifikasi tempalt yakni :
  • Templates
    Merupakan menu yang menyediakan template-template daman kita disiruh memilih template yang ingin kita pakai untuk default blog kita.
  • Background
    Merupakan menu yang bisa kita gunakan untuk mengganti background blog kita, dimenu tersebut sudah disediakan ratusan background, jadi teman-teman bisa memilih background kesukaan temen-temen sendiri.
  • Layout
    Merupakan menu yang menyediakan tampilan ato layout bloh kita nanti, mau pake 3 kolom 2 kolom atau yang lain.
  • Advanced
    Merupakan menu yang bisa kita gunakan untuk mengatur konfigurasi text, link, widget dan lain sebagainya pada blog kita.
Apabila kita sudah selsai memanipulasi ato memilih konfigurasi template yang telah kita buat tadi jangan lupa untuk menyimpanya terlebih dahulu. Klik button “Apply To Blog” di sisi kanan atas. Dan silahkan teman-teman lihat hasil template modifikasi teman-teman sendiri. Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini