Kiat Aman Menggunakan Kartu ATM di Mesin ATM




ATM (Automated Teller Machine)
ATM (Automated Teller Machine) ialah sebuah perangkat elektronik berbasis komputer yang sudah sangat tidak asing bagi kita. Mesin yang juga dikenal dengan nama Anjungan Tunai Mandiri ini dapat membantu kita bertransaksi tanpa harus mengantri di bank. Transaksi yang dapat dilakukan antara lain penarikan uang, transfer antar rekening, pembelian tiket, dan pembayaran tagihan. Semakin berkembangnya teknologi membuat ATM yang ada sekarang semakin canggih

Gambar 1. Mesin ATM (Automated Teller Machine)

Beberapa ATM di luar negeri yang memfasilitasi pelanggan banknya untuk melakukan penarikan uang dalam dua jenis pecahan uang. Dengan menerapkan prinsip Induksi Matematik yang diubah dahulu ke suatu bahasa pemrograman kemudian diimplementasikan ke hardware yang terdapat di dalam ATM tersebut. Hanya dengan menentukan pecahan yang dimasukkan ke dalam mesin ATM tersebut dan menentukan jumlah minimal penarikan uang, maka jumlah kelipatan penarikan uang juga dapat dihitung dan dibuktikan dengan Prinsip Induksi Matematik. Suatu pemikiran yang sederhana, namun pemanfaatannya sangat berguna

Kiat Aman Menggunakan Kartu ATM
Berikut beberapa kiat aman dalam menggunakan kartu ATM:
1. Selalu mengingat nomor PIN anda
2. Buat nomor PIN yang tidak terlalu gampang, tidak pula terlalu sulit
3. Hindari penggunaan nomor PIN yang mudah diterka misalnya (tgl. Lahir, no telepon HP/rumah, no. kendaraan dlsb)
4. Jangan memberitahukan nomor PIN kepada siapapun.
5. Secara berkala (misalnya 3 bulan sekali) lakukan penggantian nomor PIN
6. Catat nomor telepon Call Center yang dapat dihubungi bila mengalami permasalahan dengan kartu ATM yang sedang digunakan.
7. Bila memungkinkan dan mempunyai dana yang cukup gunakan lebih dari 1 kartu, ini untuk mengatasi permasalahan apabila Kartu tertelan
8. Segera hubungi card centre atau nomor hot line service yang disediakan oleh Bank Penyelenggara ATM dan cek saldo rekening anda manakala melakukan transaksi pengambilan tunai namun uangnya tidak keluar.
9. Sedapat mungkin hindari memasuki ruang ATM sendirian, biasakan berdua dan yang satu menjaga diluar, ini untuk menghindari kejahatan yang dilakukan pada saat pengguna ATM berada didalam ruangan yang dengan tiba-tiba masuk dan langsung menodongkan senjata dan menanyakan nomor PIN.
10. Hindari simpanan di kartu ATM dengan jumlah yang besar, Tabungkan sebagian pada rekening yang tidak mempunyai fasilitas ATM.
11. Sebaiknya hindari transaksi dengan menggunakan ATM dilokasi yang sepi dan jauh dari keramaian terlebih pada malam hari
12. Untuk transaksi non cash bisa dimanfaatkan fasilitas phone banking sehingga anda tidak perlu bersusah payah mencari lokasi ATM.
13. Gunakan Fasilitas jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM BCA artinya walaupun kartu ATM anda adalah Kartu ATM BCA (Tahapan), anda bisa melakukan transaksi pada ATM BRI, begtu pula sebaliknya. Kartu ATM BRI (BritAma) bisa pula melakukan transaksi di ATM BCA, Mandiri, BNI, Permata dan lain sebagainya.

Tips Aman Mengambil Uang Melalui ATM
Ada beberapa kiat aman mengambil uang di ATM, diantaranya sebagai berikut.
1. Sebelum mengambil uang, lihat sekeliling anda terhadap orang yang tidak anda kenal. Perhatikan barang kali anda sedang di memperhatikan anda. Jika anda pikir ada, sebaiknya anda tinggalkan dan masuk ke tempat yang banyak orang. Cari alternatif ATM yang sekiranya lebih aman.
2. Jika anda bermaksud untuk mengambil uang dengan jumlah banyak, sebaiknya ajak orang yang anda kenal untuk menemani.
3. Setelah mengambil uang, segera masukan kedalam saku atau tas. Jangan mengeluarkan dan bahkan mempamerkan uang yang sekiranya menjadi perhatian karena bisa mengundang hal-hal yang tidak dininginkan.
4. Hindari melakukan pengambilan uang di ATM yang sepi atau jauh dari keramaian pada malam hari. Karena kebanyakan kasus seperti ini banyak terjadi dimalam hari dan di tempat tersembunyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...