Rabu, Maret 31, 2010

Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok

Rambut Anda mudah rontok, padahal sudah menggunakan berbagai produk perawatan mahal? Bisa jadi, kebiasaan Anda merawat rambut yang jadi penyebabnya.
Maka itu, ketahui lima kebiasaan buruk yang bisa membuat rambut Anda rontok:
1. Cuci rambut setiap hari
Anda sebenarnya tidak perlu keramas setiap hari. Keramas berlebihan atau setiap hari bisa menyebabkan kelenjar sebum (minyak yg berfungsi melindungi elemen rambut dan mengatur keseimbangan kelembapan) bekerja lebih keras. Hal ini membuatnya memproduksi lebih banyak minyak. Tidak hanya membuat rambut rontok, tapi juga menyebabkan warna rambut kusam, dan berminyak atau kering, tergantung kondisi rambut.
2. Menggunakan conditioner berlebihan
Untuk mencegah rambut kering, hal yang paling mudah dilakukan memang menggunakan conditioner. Tetapi, jika mengaplikasikan conditoner pada rambut secara berlebihan, justru membuat rambut mudah rapuh. Karena, beberapa conditioner mengandung protein yang membentuk rantai, dan membuat rambut rontok. Juga jangan membiarkan conditioner menempel pada rambut lebih dari 15 menit, ikutilah petunjuk pemakaianya.
3. Menyisir rambut saat basah
Saat basah adalah saat rambut paling rapuh. Menyisirnya saat basah akan membuatnya mengembang dan kemudian rontok. Jika memang harus menyisir rambut dalam keadaan basah, gunakanlah yang bergigi jarang hanya untuk merapikannya. Angin-angikan dulu sebentar sebelum menyisirnya dengan sisir bergigi rapat. Jika ingin mengeringkan dengan hair dryer, gunakanlah tangan untuk mengatur rambut.
4. Mengikat rambut saat basah
Waktu yang sempit, terkadang membuat Anda tidak sempat mengeringkan rambut, dan langsung mengikat atau menjepit rambut saat basah. Hal ini bisa memicu tumbuhnya jamur karena lembab dan akan menimbulkan rasa gatal pada rambut. Jika dibiarkan bisa menimbulkan infeksi pada kulit kepala.
5. Menggunakan hair dryer atau alat catok tanpa gunakan vitamin rambut
Banyak wanita yang meluruskan rambut atau blow dry langsung menggunakan alat dan ditempelkan pada rambut tanpa produk pelindung rambut, semacam pelembab. Hal ini tentu saja bisa membuat rambut menjadi kering, kusam dan mudah rontok karena panas. Gunakanlah produk pelindung rambut sebelum meluruskan atau mengeringkan rambut dengan alat. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

Link Terkait: http://id.news.yahoo.com/viva/20100330/tls-5-kebiasaan-penyebab-rambut-rontok-34dae5e.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini