Kandungan Fruktan dalam Sawi putih, Bawang putih, Bawang bombay dan Daun Tequila Menyehatkan Tulang

Tanaman Agave tequilana yang dikenal sebagai bahan baku minuman beralkohol, tequila, ternyata bermanfaat untuk melawan keropos tulang atau osteoporosis. Demikian pula sawi putih, bawang putih, dan bawang bombay.
Studi yang dilakukan sejumlah ilmuwan Nasional Polytechnic Institute Guanajuato di Meksiko, mengungkap, kandungan fruktan dalam bahan makanan tersebut sangat bermanfaat untuk melindungi kepadatan tulang.
Fruktan merupakan sejenis gula yang tidak dicerna di dalam usus besar. Fruktan merangsang pertumbuhan bakteri menguntungkan dengan meningkatkan penyerapan tubuh mineral, termasuk kalsium dan magnesium, yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang.
"Fruktan dalam tanaman ini juga bermanfaat bagi penderita diabetes, kegemukan, merangsang sistem kekebalan tubuh, menurunkan bakteri jahat, mengurangi sembelit, dan kanker usus besar," ucap salah satu peneliti, Mercedes Lopez.
Studi yang dipublikasikan di jurnal American Chemical Society, itu merekomendasikan Agave tequilana, bawang putih, sawi putih, dan bawang bombay sebagai bahan suplemen untuk perawatan tulang sehat, terutama bagi bayi dan balita. Fruktan juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gula dalam es krim.
Meski Agave tequilana berperan sebagai bahan dasar tequila, bukan berarti konsumsi minuman keras itu akan bermanfaat untuk kesehatan tulang. Dalam penelitian tertulis bahwa fruktan berubah menjadi alkohol saat tanaman daun itu difermentasi menjadi tequila. Artinya, minum tequila tidak membantu menjaga massa tulang

Link Terkait: http://id.news.yahoo.com/viva/20100324/tls-daun-tequila-menyehatkan-tulang-34dae5e.html

1 komentar:

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...