apakah fakta dan data hutan dunia sekarang ini?

Tutupan Hutan1
  • Luasan total hutan di dunia yakni sekitar 4 milyar hektar, yang mewakili hampir 30 persen dari masa lahan bumi.  Sekitar 56 persen dari hutan tersebut berada di kawasan tropis dan subtropis.
  • Tutupan hutan tidak tersebar secara merata. Hanya tujuh negara yang memiliki hampir sekitar 60 persen tutupan hutan, 25 negara memiliki sekitar 82 persen dan 18 persen sisanya dimiliki secara proporsional oleh 170 negara.
  • Hutan tanaman besarnya sekitar 3,8 persen dari total seluruh kawasan hutan, atau sebesar 140 juta hektar.

Hilangnya Hutan2
  • Hilangnya luasan hutan di dunia diperkirakan mencapai sekitar 7,3 juta hektar per thaun untuk periode tahun 2000–2005.
  • Luasan ini mewakili penurunan untuk periode 1990–2000, dimana rata-rata laju deforestasi sebesar 8,9 juta hektar per tahun.
  • Luasan terbesar deforestasi terjadi di Amerika Selatan, sebesar 4,3 juta hektar per tahun, diikuti oleh Afrika dengan empat juta hektar per tahun.

Hutan dan Penghidupan
  • Lebih dari satu milyar orang sangat tergantung pada hutan sebagai mata pencaharian mereka. 3
  • Lebih dari 2 milyar orang, sepertiga dari populasi dunia, menggunakan bahan bakar biomas, terutama kayu bakar, untuk memasak dan menghangatkan rumah mereka.
  • Ratusan juta orang bergantung pada obat-obatan tradisional yang diperoleh dari dalam hutan. 4
  • Di 60 negera berkembang, berburu satwa dan mengambil ikan di lahan berhutan memberikan sumbangan lebih dari seperlima dari total kebutuhan protein masyarakat. 5

Hutan dan Ekonomi6
  • Pada tahun 2003, perdangan internasional untuk kayu gergajian, bubur kayu, kertas dan papan jumlahnya mencapai 150 milyar dolar Amerika, atau 2 persen lebih dari perdangan di dunia.  Dunia maju mencapai dua pertiga dari produksi dan konsumsi ini.
  • Di banyak negara berkembang, perusahaan berbasis hutan menyediakan setidaknya sepertiga lapangan pekerjaan bagi penduduk desa untuk bekerja di bidang non-pertanian dan memperoleh pendapatan melalui penjualan produk-produk  kayunya.
  • Nilai perdagangan hasil hutan bukan kayu (HHBK) diperkirakan mencapai 11 milyar dolar Amerika.  Hasil hutan tersebut antara lain adalah tumbuhan farmasi/obat-obatan, jamur, kacang, sirup dan gabus.

Hutan dan Perubahan Iklim7
  • Diperkirakan bahwa setidaknya 1,7 milyar ton karbon dilepaskan per tahunnya akibat perubahan tata guna lahan.  Bagian terbesar adalah deforestasi dikawasan hutan tropis.
  • Deforestasi mewakili sekitar 20 persen emisi karbon dunia saat ini, yang persentasenya lebih besar dari emisi yang dikeluarkan oleh sektor transportasi dunia dengan penggunaan bahan bakar fosil yang intensif.



  1. Food and Agriculture Organisation of the UN (FAO) 2007. State of the World’s Forests 2007. FAO, Rome.
  2. FAO 2009. State of the World’s Forests 2009. FAO, Rome.
  3. World Bank 2004. Sustaining Forests: A Development Strategy. Washington.
  4. UN Department of Economic and Social Affairs 2009. Indicators of Sustainable Development. www.un.org/esa/sustdev/natlinfo/indicators/methodology_sheets/poverty/without_electricity.pdf (1 June 2009).
  5. Mery, G., Alfaro, R., Kanninen, M., and Lobovikov, M. (eds) 2005. Forests in the Global Balance – Changing Paradigms. IUFRO World Series 17. International Union of Forest Research Organisations (IUFRO). Helsinki.
  6. World Bank 2004. Sustaining Forests: A Development Strategy. Washington, D.C.
  7. IPCC 2007. Summary for Policymakers. In Climate Change 2007: The Physical Sciences Basis. www.ipcc.ch/pdf/assessment-report/ar4/wg1/ar4-wg1-spm.pdf (1 June 2009).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...