Kamis, Januari 24, 2019

Jenis-Jenis Kopi terbaik Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik, bahkan produksi tahunan yang mencapai 600 ribu ton mampu menyuplai tujuh persen kebutuhan kopi dunia. Menurut data Kementerian Pertanian RI (Kementan RI), Indonesia merupakan produsen kopi terbesar di dunia, setelah Brasil dan Kolombia. 

Jenis-Jenis Kopi Nusantara jumlahnya sangat banyak akan tetapi hanya sedikit yang digemari oleh para pecinta kopi. 
Pada mulanya, tanaman kopi berasal dari Afrika. Meskipun kemudian menyebar ke seluruh dunia, tanaman kopi paling banyak terdapat di Amerika Latin, Asia-Pasifik, dan Afrika. Pohon kopi memiliki banyak jenis, ada yang bisa tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis, ada juga yang lebih mudah tumbuh di daerah subtropis.

Indonesia sendiri menduduki peringkat keempat penghasil kopi terbesar dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Perkebunan kopi tersebar di beberapa wilayah di Indonesia dengan jensi kopi yang memiliki keunikan masing-masing. Dari ratusan jenis kopi khas Indonesia, terdapat beberapa jenis unggul yang menjadi primadona dan menjadi komoditi ekspor unggulan

Mari kita bahas Jenis-Jenis Kopi terbaik indonesia yang di kenal oleh seluruh dunia.
1.  Kopi Gayo
Kopi Gayo merupakan jenis kopi  Arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Kopi ini di produksi di daerah aceh tengah tepatnya di  dataran tinggi gayo. Di daratan tinggi gayo inilah pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia di hasilkan.
Menurut kajian internasional, kopi arabika gayo mempunyai rasa paling khas dan disukai dibandingkan kopi arabika yang di tanam di tempat lain. Kopi gayo mempunyai cita rasa yang tinggi yaitu dengan aroma yang nikmat serta khas, tingkat keasaman yang lebih rendah dan memiliki kepahitan yang kuat.

Dengan berbagai kenikmatan dan aroma yang khas oleh kopi arabika gayo, dunia internasioal menganugrahi Fair Trade Certified™ sebagai bentuk apresiasi untuk kopi arabika gayo sebagai kopi terbaik didunia. Kopi arabika gayo sekarang sudah di ekspor ke berbagai negara seperti Kawasan asia, Amerika dan Eropa. Sebagai salah satu komoditi yang menjajikan sebagai salah satu pemasukan negara.

Nah, sebagai warga indonesia yang baik tentu menjadi keharusan untuk mensupport para petani kopi ini agar terus menhasilkan biji-biji kopi terbaik dunia.

2. Kopi Toraja
Kopi Toraja dihasilkan dari daerah Sulawesi Selatan di pegunungan toraja. Pegunungan toraja memang sangat istimewa tanah tumbuh subur, Buktinya dua jenis kopi terbaik dunia bisa dihasilkan sekaligus yaitu Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta. Perbedaan 2 jenis kopi toraja ini terdapat pada kafein yang di hasilkan pada setiap jenis kopi toraja. Kopi ini  sama-sama mempunyai tingkat keasaman yang tinggi. Cita rasanya yang memiliki unsur tanah, unik serta khas menjadi ciri utama kopi toraja ini.

Kamu akan terkejut saat pertama kali mencobanya.  Lidahmu akan merasakan rasa pahit yang menghilang sesaat yang tidak menyisakan bekas rasa pahit di lidah. Rasa inilah yang digemari para penikmat kopi nusantara dan mancanegara.

3. Kopi Kintamani
Bali juga mempunyai permata yang tersembunyi yaitu penghasil kopi terbaik di dunia. Di daerah kintamani Bali mempunyai kopi yang memiliki ciri khas yang beda dari yang lain. Kopi disini bercita rasa bercampur dengan rasa buah yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Bercita rasa keasaman bercampur dengan rasa segar cita rasa yang unik. Hal itu di sebabkan oleh sistem penanaman biji kopi yang bercampur dengan beraneka ragam sayuran atau yang biasa disebut dengan sistem tumpang sari. Kalo kamu suka dengan aroma kopi yang segar dan asam. Kamu bisa mencoba kopi kintamani ini sebagai alternatif yang pas untuk enemani harimu.

4. Kopi Flores
Banyak kita ketahui bahwa flores memiliki keindahannya yang menawan untuk mengunjunginya. Selain memiliki keindahan alamnya, flores juga memiliki kopi khas flores yang terdapat pada dataran ngada di Nusa Tenggara Timur. Daerah flores ini juga menyumbang akan kopi terbaik nusantara yang di kenal dunia. Kopi di flores tumbuh subur karena  adanya abu vulkanik dari gunung berapi. Jenis kopi arabica merupakan jenis kopi flores.  Beraroma buah dan ada tambahan tembakau setelah meminumnya. Kamu akan terkesan setelah meminum kopi ini.

5.  Kopi Jawa
Kopi jawa mulai di kenal dunia sejak abad ke 17. Saat itu belanda memulai menanam biji kopi jawa di tanah jawa dan menjadikannya produsen penghasil kopi terbesar di dunia saat itu. Walaupun Jenis-Jenis Kopi  sudah banyak tetapi kopi jawa masih menjadi pilihan utama buat para petinggi Belanda. Dari sekian banyak kopi yang ada di nusantara jujur saya jatuh cinta pada kopi ini. Kopi ini beraroma tipis rempah-rempah. Melalui proses giling basah yang membuatnya sangat berbeda dan menarik untuk dicicipi. Di pegunungan ijen banyuwangi jawa timur inilah kopi jawa arabika berkualitas dunia di hasilkan sempurna untuk pecinta kopi sejati.

6.  Kopi Lanang
Terciptanya kata kopi lanang yaitu karena pada biji kopi lanang ini berbentuk  bulat, tunggal serta tidak adanya belahan tengah seperti pada biji kopi pada umumnya. Kata “lanang” merupakan istilah bahasa jawa untuk menandakan bahwa itu “laki-laki.”Dan memang betul bahwa kopi ini salah satu manfaatnya dalah menambah vitalitas pria. Tak heran jika kopi ini harganya lebih mahal dari kopi lainnya. Kopi jenis ini bisa menghasilkan kopi lanang robusta dan kopi lanang  arabika. Kopi ini sangat populer di jaman pemerintahan Belanda. Kamu wajib mencicipi kopi lanang ini untuk mencoba khasiatnya.

7. Kopi Luwak
Ketika kita membahas tentang kopi di nusantara  belum lengkap rasanya kalo belum kenal kopi yang satu ini. Kopi ini menjadi incaran para pecinta kopi di seluruh dunia. Produksi yang sangat terbatas menjadikan kopi ini langka dan sangat mahal untuk mencicipi secangkir kopi luwak ini. Kopi luwak dihasilkan dari proses yang unik. Sejarahnya terciptanya kopi luwak ini yaitu pada Zaman belanda para petani tidak di perbolehkan mencicipi kopi yang telah di tanamnya.

Suatu ketika para petani melihat luwak atau musang ini memakan biji kopi. Ternyata luwak ini tidak bisa mencerna biji kopi yang di makannya. Dilihat dari hasil kotorannya yang masih menyisakan biji kopi yang di tanamnya. Para petani yang mempunyai penasaran tinggi ingin merasakan kopi . Merebus biji kopi tersebut dan ternyata menghasilkan sajian kopi yang bercita rasa tinggi hingga saat ini. Kopi luwak menjadi kopi terbaik dan termahal di dunia saat ini dan tentunya asli produk indonesia. Kami juga menjual biji kopi mentah yang siap menemani harimu.

8. Kopi Wamena
Kopi Wamena tumbuh subur di pegunungan wamena dan menjadi salah satu penghasil kopi indonesia. Mempunyai aroma yang ringan dan mempunyai ciri khas harum di setiap biji kopinya adalah karakter kopi wamena. Para petani di wamena masih menggunakan bahan-bahan organic untuk tanaman biji kopi mereka. Jadi akan terasa kopi yang original, ringan tampa ampas, harum dan tidak meninggalkan rasa asam di lidah. Jenis-Jenis Kopi wamena masih tergolong susah dalam mendistribusikannya.

9. Kopi Sidikalang
Kopi sidikalang menjadi kopi terbaik di indonesia selanjutnya yaitu dengan cita rasa yang mantab. Kopi ini sangat digemari para pecinta kopi sejati baik dari nusantara ataupun dari manca negara. Karena kualitasnya yang tinggi kopi sidikalang ini menjadi pesaing utama dari kopi brazil. Kopi ini mempunyai tekstur yang paling halus diantara jenis kopi dunia.
Kopi Sidikalang menjadi pilihan terbaik saat menemani soremu. Jenis-Jenis kopi ini sangat mudah kamu temui di berbagai tempat di indonesia.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini