Tips Mengatasi Smartphone yang Basah

Tentu Anda tidak ingin iPhone, Android, atau Windows Phone Anda yang berharga jutaan rupiah dan berisi data penting Anda terkena air; sayangnya ponsel Anda malah terkena tumpahan soda, cairan lezat yang dapat membuat ponsel Anda berkarat.

Tapi jangan khawatir, masih ada harapan untuk menyelamatkan smartphone Anda. Cepat, ikuti instruksi di bawah ini dan Anda mungkin masih bisa menyelamatkan ponsel Anda agar tidak mati perlahan dan kemudian mati total.

1.    Matikan ponsel Anda
Insting Anda mungkin meminta Anda untuk menguji apakah ponsel Anda masih berfungsi atau tidak, namun waktu yang begitu singkat bisa membuat perbedaan apakah ponselnya masih bisa diselamatkan atau tidak. Setelah ponselnya jatuh ke dalam toilet atau tempat berair, segera keluarkan dan matikan.

2.    Copot casingnya
Copot casingnya, keluarkan SD Card dan SIM Card-nya – semua yang bisa dikeluarkan agar bisa kering dengan sendirinya. Semakin banyak bagian ponselnya yang bisa terpapar udara, maka semakin baik.

3.    Sedot airnya
Hal ini dilakukan jika keadaannya sangat parah. Anda harus menyedot air yang masuk ke dalam ponsel Anda, kecuali jika Anda berada di dekat sebuah vacuum cleaner dengan pipa penghisap yang kecil. Ambil sebuah mangkuk kosong dan letakkan di samping Anda. Jika yang basah adalah iPhone, Anda harus fokus pada port earphone, earpiece, port microphone, dan area charger. Setiap kali Anda menyedot airnya, muntahkan ke dalam mangkuk tersebut agar tidak menelan zat kimia mekanik yang berbahaya.

4.    Diamkan sebentar
Rendam gadget basah Anda ke dalam semangkuk beras. Atau, atas rekomendasi Gizmodo’s Brent Rose,  semangkuk Rice Krispies. Atau mungkin ke dalam sebungkus kacang. Menggunakan alat pengerin atau zat kimia untuk mengeringkannya tidak akan berhasil. Jadi jangan gunakan pengering rambut dan diamkan ponsel Anda di dalam  beras selama 48 jam. Balikkan sesekali.

5.    Nyalakan kembali
Angkat gadget Anda dari mangkuk pengering dan periksa bodinya. Jika Anda melihat ada embun, keringkan dengan handuk. Gunakan pipe cleaner yang dibengkokkan untuk menyikat ujung port gadget Anda dan  membantu menyingkirkan kelembapan yang masih tersisa. Jika masih terlihat basah, simpan kembali ke dalam mangkuknya dan tunggu sehari lagi. Setelah benar-benar kering, nyalakan kembali dan lihatlah bagaimana ponselnya berfungsi. Bahkan jika hanya ada beberapa bagian yang masih berfungsi, Anda mungkin masih bisa memperbaikinya dengan biaya yang lebih murah dibandingkan membeli ponsel baru

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...