Benarkah Manfaat Cokelat Itu Kalahkan Buah?

Cokelat sering digunakan untuk `obat' menghilangkan stres dan meningkatkan mood. Bukan hanya rasanya yang lezat, namun cokelat juga memiliki banyak manfaat kesehatan.
Para peneliti di Pusat Kesehatan dan Gizi Hershey menyatakan bahwa cokelat layak disebut sebagai "buah super". Dari penelitian di laboratorium, ternyata cokelat memiliki banyak antioksidan.
Tingkat polifenol dan flavonoid dalam setiap gram bubuk kakao lebih banyak daripada buah-buahan yang digunakan untuk membuat jus.
Dilaporkan MedIndia, temuan para ahli yang diterbitkan dalam Chemical Journal, menunjukkan bahwa cokelat hitam dan bubuk kakao mengandung flavonoid dan polifenol yang lebih tinggi daripada jus buah.
Antioksidan ditemukan juga pada buah-buahan seperti anggur, stroberi, dan buah delima, beberapa jenis jus, cokelat hitam, teh hijau, dan anggur merah. Antioksidan adalah senyawa yang akan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel. Ketika tubuh kekurangan antioksidan, tentunya dapat menyebabkan masalah kesehatan.
Namun, para ahli lain berpendapat bahwa tidaklah benar bila disebut "buah super", bisa saja itu hanya strategi pemasaran para pembuat cokelat. Karena, tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua nutrisi penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...