Rabu, Juni 01, 2011

Manfaat pisang part 2

Pisang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari melancarkan buang air besar sampai melindungi sel dari kerusakan. Pisang juga bisa meredakan stres saat suasana hati sedang galau.
Seperti yang dikutip dari Foxnews, Kamis (17/3/2011), bahwa pisang bisa meredakan stres karena mengandung dua senyawa yang bisa menenangkan pikiran, yakni dopamin dan serotonin. Kedua senyawa itu bisa mengendalikan mood atau suasana hati yang secara alami juga diproduksi di otak.

Dopamin merupakan senyawa yang memegang peran cukup dominan di bagian otak, yang dinamakan reward center atau pusat pengendali rasa puas. Jika seseorang merasa senang dan terpuaskan, maka rasa itu sebenarnya merupakan efek dari kerja dopamin.

Selain memberi rasa senang, senyawa dopamin juga melindungi saraf otak dari Parkinson. Parkinson yaitu penyakit yang dipicu kerusakan saraf akibat proses penuaan.

Kadar dopamin yang cukup juga akan melindungi fungsi jantung dari berbagai jenis gangguan yang ditimbulkan dari sirkulasi darah.

Sementara itu serotonin merupakan senyawa yang mengatur suasana hati, membuat seseorang merasa bahagia dan menghilangkan emosi negatif. Kekurangan kadar serotonin di dalam otak bisa mengakibatkan seseorang menjadi sensitif, mudah tersinggung, dan suka marah-marah.

Karena sangat menentukan suasana hati, serotonin menjadi sasaran pada beberapa obat antidepresi. Obat-obat itu diberikan pada pasien yang mengalami depresi, untuk meningkatkan pelepasan serotonin ke otak sehingga tingkat stres berkurang.

Selain sebagai pengendali mood, pisang juga bermanfaat bagi metabolisme tubuh. Secara umum pisang mengandung mineral penting seperti potasium dan kalium, sebagai sumber antioksidan. Pisang juga kaya akan kandungan vitamin, terutama vitamin C, B6 dan A.

dikutip dari inilah.com or klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini