Daftar Pasukan – Pasukan Elit Dunia

Pasukan elite adalah satuan militer yang dibentuk dan dilatih untuk melakukan misi perang non-konvensional, anti-teroris, pengintaian, aksi langsung, dan pertahanan luar negeri. Pasukan khusus biasanya terdiri dari kelompok kecil yang sangat terlatih, yang dipersenjatai dengan senjata khusus, yang bekerja secara mandiri, dan dengan kerja sama yang dekat.
Proses seleksi masuk pasukan elite sangat sulit, dan biasanya pelatihannya melebihi dua tahun. Beberapa misi juga membutuhkan pelatihan sendiri. Karena tugas pasukan elite biasa secara diam-diam dan berhubungan dengan informasi rahasia, para calon anggota pasukan elite diharuskan melewati proses pengujian yang berat.
Discovery Channel edisi militer menyiarkan pasukan elit terbaik dunia. Pasukan-pasukan elit dari seluruh dunia diukur kemampuannya dari performa dan keahliannya (bukan dari teknologi militernya).

1. Brigade of Gurkha Pasukan Inggris dan  Special Air Service (SAS) Pasukan Elit Inggris
Gurkha sebenarnya bukanlah pasukan elit, hanya saja  mengingat reputasi dan nama besarnya yang menakutkan. Ada 2 suku di Nepal yang dikenal masyarakat luas yaitu Sherpa dan Ghurka. Sherpa dikenal sebagai suku pendaki/pemandu di Himalaya, satu lagi Gurkha, yang gemar berperang. Semasa zaman kolonial sewaktu terjadi Perang di Nepal, Inggris begitu terkesan atas kegigihan dari pasukan Gurkha kemudian merekrut mereka bekerja untuk East India Company di India dan British Army.
 
Pasukan Ghurka
Gurkha terkenal dengan kemampuan berperangnya yang alamiah, agresif di medan pertempuran, tidak takut mati, loyalitas yang tinggi, tahan dalam berbagai medan, fisik yang kuat dan pekerja keras. Sehingga Gurkha begitu disegani oleh kawan, ditakuti oleh lawan. Semula mereka menjadi tentara bayaran (mercenaries) akhirnya masuk dalam jajaran British Army yang digaji layaknya tentara Inggris sendiri atau legiun asing pada umumnya. Mereka mempunyai unit sendiri dengan nama Brigade of Gurkha sebagai salah satu bagian dari jajaran top AB Inggris.
Dibentuk sejak tahun 1815, Pasukan Gurkha telah terlibat dalam berbagai medan pertempuran bersama Inggris. Ketika berkecamuk PD I sebanyak 100.000 prajurit Gurkha masuk dalam Brigade Gurkha. Mereka ikut bertempur di medan perang Perancis, Mesopotamia, Persia, Mesir, Gallipoli, Palestina dan Salonika. Mereka mendapatkan 2 penghargaan bergengsi Victoria Crosses. Pada PD II sebanyak 112.000 tentara Gurkha bersama Pasukan aliansi Commonwealth bahu membahu dalam perang di Suriah, Afrika Utara, Italia dan Yunani sampai Malaysia dan Singapura mereka mendapat 10 Victoria Crosses.

Seiring dengan pengalaman tempurnya yang mengunung, Gurkha menjelma menjadi kekuatan yang mengerikan, bahkan melebihi pasukan elit sekalipun. Paling tidak oleh tentara Argentina. Semasa berkecamuk perang Malvinas (Falkland War, 1982), dalam suatu front pertempuran, Inggris mempropagandakan kepada pihak militer Argentina akan menyertakan 1 batalyon Gurkha-nya. Mendengar itu tentara Argentina lari tunggang langgang meninggalkan pos2 mereka. Sewaktu PD II di front pertempuran Tunisia (Afrika Utara), pasukan Gurkha sudah kehabisan amunisi mereka membuang senapan2, berlarian naik ke atas tank2 Jerman di tengah2 hujan peluru dan menggorok tentara Jerman dengan senjata tradisional mereka, khukri.
http://www.conflictareamanagement.com/media/crossed_kukris.jpg 
Pisau Khukri khan Pasukan Ghurka
Khukri adalah sejenis pisau yang berbentuk unik sedikit melengkung mengarah ke depan. Didisain khusus sedemikian rupa, sehingga dapat menebas leher dengan sekali babatan bersih. Ada sedikit cerita mengenai khukri, sekali khukri dihunus dari sarangnya pantang tidak meminum darah. Itulah sebabnya tentara Gurkha ketika sehabis mengasah/membersihkan khukri selalu mengiris jari tangannya.
 
Mana yang lebih ditakuti? Tentara Norwegia yang tinggi besar ini atau Gurkha yang kecil mungil?


http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2008/07/02/article-0-0133E293000004B0-43_468x319.jpg 
Segerombolan Pasukan Ghurka
Saat ini bukan hanya Inggris yang merekrut Gurkha dalam jajaran pasukannya, Singapura, India, Malaysia, Brunei, Hongkong (sebelum penyerahan ke RRC) tercatat memakai Gurkha dalam kesatuan AB mereka. Bahkan di Brunei, Gurkha dipakai sebagai Special Force Penjaga Sultan Brunei.
*Inilah cikal bakal pasukan elit dunia. SAS adalah resimen pasukan elit dalam AB Inggris. Sebagai pasukan elit paling terkemuka di dunia, SAS adalah panutan dari profil pasukan khusus yang tak mau dikenal, serba misterius, amat responsif terhadap segala macam kegiatan teroris.

2. Mossad Israeli

The Mossad (HaMossad leModi’in uleTafkidim Meyuchadim). Mossad bertanggung jawab atas pengumpulan intelijen dan operasi-operasi rahasia termasuk kegiatan paramiliter. Ini adalah salah satu entitas utama dalam Komunitas Intelijen Israel, bersama dengan Aman (intelijen militer) dan Shin Bet (keamanan internal), tetapi direktur melapor langsung kepada Perdana Menteri. Peran dan fungsi yang sama dengan Central Intelligence Agency (CIA) dan Secret Intelligence Service (SIS).
Beladiri : Israeli Krav Maga (lihat :Krav Maga )
Alumni : Eitan Rafi (Sekarang beliau udah jadi salah satu pasukan perdamaian dunia)
Moto : “Cegah serangan pertama, netralkan lawan, buatlah mereka melihat mimpi buruk akan hal yang mereka perbuat.” -Ron Radjik

3. Kopasus Pasukan Elit Indonesia
Penilaiannya ternyata bukanlah berupa alat yang canggih melainkan di sesuaikan dengan kemampuan individunya dan inilah hasilnya: posisi pertama di duduki SAS (Inggris), lalu posisi kedua diduduki oleh IDF (ISRAEL), yg menarik posisi ketiga diduduki oleh KOPASUS (Indonesia)!!!! dan pembawa acaranya mengatakan kalo Amerika bukan diperingkat pertama karena amerika sangat bergantung sama alat-alat canggihnya bukan karena skill dari tentaranya, beda sama kopasus yang memang minim fasilitas tapi berkemampuan luar biasa.
Discovery Channel edisi militer 2008 menyiarkan pasukan elit terbaik dunia salah satunya yang berada diperingkat 3

1.SAS (Inggris)
2.MOSSAD ( Israel)
3.KOPASSUS ( Indonesia)
Mungkin ada yang heran kenapa pasukan elit Amerika tidak termasuk 3 besar. Menurut nara sumber itu dikarenakan mereka sangat bergantung pada peralatan dan perlengkapan militer berteknologi digital. Menurut analis militer lagi, sebuah pasukan elit haruslah memiliki skill individual yang bagus seperti menyerang, bertahan, penyamaran, strategi, ketahanan, gerilya, membuat jebakan, dan lain sebaginya. Dikatakan lagi bahwa satu prajurit Kopassus setara dengan lima orang prajurit biasa.
Pasukan Kopassus
Fakta tentang Kopassus:
1.Kopassus memenangkan kejuaraan sniper menggunakan senjata buatan Indonesia
2.Kopassus menduduki peringkat ke dua dalam pelaksanaan Strategi Operasi Militer.
3.80% pelatih militer negara-negara di Afrika utara berasal dari Kopassus
4.Pasukan khusus kamboja dilatih sejak lama oleh Kopassus
Beladiri : Merpati Putih
Alumni : 3 terbaik dari KOPASSUS telah dijadikan pasukan perdamaian dunia.
Moto : Berani, Benar, Berhasil.

4. SPETSNAZ Pasukan Elit Rusia

DIBENTUK tahun 1970-an, Spetnaz merupakan pasukan elit bentukan Sovyet (kini Rusia). Di masa perang dingin keberadaan Spetsnaz begitu menakutkan oleh pihak NATO. Spetsnaz menciptakan reputasi hebat sebagai salah satu pasukan elit terbaik di dunia, lewat standar latihan yang sangat keras. Misi mereka sama dengan pasukan elit lain. Menyabot, mengintai dan kalau perlu membunuh, jika dianggap berbahaya, obyek akan dihancurkan oleh aksi langsung, sabotase terorganisir atau dengan trik subversi. Satu lagi yang jadi prinsip mereka kalau perlu sebisa mungkin menyeret buruan hidup-hidup.
Dalam kaitannya dengan hal di atas maka personil Spetnaz dibekali ilmu bela diri yang lazim disebut Macedonian Style Fire. Mereka juga dibekali taktik investigasi luar biasa, dan untuk itu mereka bangga dikenal sebagai wolf-hound.
 
Peragaan Kekuatan
Setiap anggota Spetsnaz telah diset bergerak dengan atribut seringan mungkin. Bawaan wajib di medan tempur adalah senapan serbu AK-47 atau sniper SVD, pistol 9 mm, pisau, 1-8 granat.
Sementara untuk tim adalah peluncur granat, radio berdaya jangkau luas, ranjau berpengarah dan peledak plastik. Namun mereka bisa juga mengoperasikan rudal antipesawat udara.
Saat ini ada 20 batalyon Spetsnaz ditambah 41 SSK. Dengan total kekuatan pasukan Spetsnaz sekitar 30.000 personel.

5. French GIGN
 
Pasukan Elit Prancis Gign
Intervensi Gendarmerie Nasional Group, biasa disingkat GIGN (bahasa Perancis: Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale), adalah elite Gendarmerie Perancis Operasi Khusus kontra-terorisme dan penyelamatan sandera unit; itu adalah bagian dari kekuatan militer yang disebut Gendarmerie. Bahkan jika para anggotanya milik militer, mereka sekarang dituntut dengan tugas-tugas polisi urbanised di luar daerah. Dengan demikian unit GIGN ditingkatkan lebih dekat dengan tim SWAT daripada unit militer murni seperti tentara Inggris SAS. Para operator akan dilatih untuk mengikuti peraturan polisi dan mencakup negosiasi dan penyelidikan spesialis.

PASUKAN ELIT LAINYA
1. AS

*U.S. Navy SEAL (The United States Navy Sea, Air and Land) adalah pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat, yang disiapkan untuk melakukan operasi tempur non konvensional, pertahanan dalam negeri, serangan langsung, kontra terorisme, dan operasi khusus lainnya.
Mereka yang terpilih menjadi anggota Navy SEAL dilantik setelah menyelesaikan pendidikan dasar Basic Underwater Demolition SEAL (BUD/S) dan program khusus yang disebut SQT (SEAL Qualification Training), baru kemudian berhak menyandang bed khusus the SEAL Trident. Bed ini merupakan tanda pengenal buat anggota SEAL dalam pertempuran bersama dengan unit pasukan khusus lainnya.
Pendidikan BUD/S berlangsung selama 6 bulan. Setelah menyelesaikan pendidikan ini, kandidat Navy SEALs juga akan memperoleh wing terjun. Kandidat yang lulus pendidikan ini otomatis akan melanjutkan ke program SQT selama 15 minggu.
*SANGAT rahasia dan masuk jajaran top secret satuan counter terrorist AS. Bersama Naval Special Warfare Development Group (US Navy SEAL), merupakan satu dari dua terbaik pasukan elite yang dimiliki AS.
Delta Force sering dirancukan dengan Delta Project (Detasemen B-52) yang pernah dibentuk oleh AD AS semasa perang Vietnam 1960-an.
Delta Force yang sekarang dibentuk setelah naiknya aksi terorisme pasca 1970-an. Dibentuk 19 Nopember 1977 oleh Kolonel Charles Beckwith.Delta beroperasi dalam tim kecil dua – empat orang. Penugasannya berkisar pada operasi gerilya, pembebasan sandera, antiteroris.
2. Australia

The Special Air Service Regiment,secara resmi dikenal sebagai SASR dan sering disebut sebagai SAS adalah sebuah pasukan khusus unit Angkatan Darat Australia . Meskipun dimodelkan pada SAS Inggris, resimen juga mengacu pada pengalaman Perang Dunia II Australia pengintaian khusus dan komando unit, khususnya Unit Khusus Z.SASR saat ini memiliki tiga skuadron pedang, yang dikenal sebagai 1 Skuadron, 2 dan 3 Skuadron Skuadron.
3. Jerman

GSG-9 der Bundespolizei (sebelumnya GSG-9 adalah kependekan dari Grenzschutzgruppe 9, Penjaga Perbatasan, Grup 9) adalah unit taktis operasi khusus anti-terorisme elit dari kepolisian Federal Jerman. Unit ini dianggap sebagai salah satu unit khusus terbaik di dunia. Banyak unit-unit anti-terorisme negara-negara lain dibentuk menurut model GSG-9 ini. Unit Sat-81 Gultor dari Kopassus dibentuk berdasarkan bimbingan dari GSG-9.
4. Kolombia

The Agrupación de Fuerzas Especiales Antiterroristas Urbanas ( “Urban Kontra-Terorisme Pasukan Khusus Grup”, AFEUR) adalah unit elit Angkatan Darat Kolombia, misi utamanya adalah untuk melakukan operasi kontra-teroris dan penyelamatan sandera berdasarkan stealth, kejutan dan tim kerja .
Perlindungan VIP tugas lain unit ini. Misalnya, mereka melindungi Presiden Kolombia ketika ia bepergian, dan memberikan perlindungan bagi Presiden Bill Clinton (kelompok Angkatan Darat) dan Presiden George W. Bush kunjungan ke Cartagena, pada tahun 2000, 2004 masing-masing. Mereka juga menyediakan keamanan untuk Presiden Bush berkunjung ke Bogota pada tahun 2007.
5. Kanada

Joint Task Force 2 (JTF2) adalah unit Pasukan Kanada yang bertanggung jawab atas operasi kontra-teroris.
JTF2 menggambarkan misinya sebagai “render bantuan bersenjata dalam penyelesaian insiden yang mempengaruhi, atau memiliki potensi untuk mempengaruhi, kepentingan nasional Kanada.”
 
 

1 komentar:

  1. heheh cita cita ane jadfi pasukan khusus neh, tapi sayang .... :'(

    BalasHapus

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...