Senin, Maret 21, 2011

Menghitung jejak karbon (Carbon Footprint)

Menghitung jejak karbon (Carbon Footprint), apa lagi itu?. Jejak karbon adalah jumlah emisi gas rumah kaca yang diproduksi oleh suatu organisasi, peristiwa (event), produk atau individu. Emisi karbon (CO2) yang kita hasilkan berasal dari berbagai aktifitas sehari-hari seperti penyalaan lampu dan peralatan listrik, pola makan, dan cara bepergian. Jejak karbon inilah yang akan kita hitung.
Untuk meghitung jejak karbon yang kita hasilkan sehari-hari kini telah tersedia berbagai alat bantu yang biasa disebut Karbon Kalkulator (Carbon Footprint Calculator).
Kalkulator Jejak Karbon. Kini, berbagai situs menyediakan Kalkulator Jejak Karbon (Carbon Footprint Calculator) yang dapat kita manfaatkan untuk menghitung sebera besar emisi karbon yang dihasilkan dalam keseharian. Beberapa Kalkulator Jejak Karbon antara lain:
  • Carbon Footprint Calkulator – WWF Indonesia
Kalkulator jejak karbon milik WWF Indonesia ini tergolong yang sederhana dan paling mudah digunakan. Sobat cukup mengunjungi situs http://rafflesia.wwf.or.id/cfootprint/?l=id
Tanpa perlu mendaftar Sobat langsung dihadapkan pada beberapa pertanyaan tentang transportasi dan kondisi rumah. Setelah diisi kesemuanya, klik tombol “Hitung” yang ada di bagian bawah dan anda langsung diperlihatkan hasilnya berupa jumlah CO2 yang dikeluarkan dalam setahun dalam satuan ton. Sobat juga diberikan saran untuk menanam pohon setara dengan emisi karbon yang dihasilkan.
  • Kalkulator Jejak Karbon – IESR Indonesia
Menghitung jejak karbon menggunakan Kalkulator dari IESR (Institute for Essential Services Reform), Sobat diharuskan untuk registrasi. Pertama kunjungi situs http://karbonkalkulator.iesr-indonesia.org
Setelah registrasi, ceck email konfirmasi dan klik link “Activate Your Account“. Setelahnya Sobat bisa login dan mulai melakukan penghitungan emisi harian. Isi pertanyaan yang disediakan berkenaan dengan pemakaian listrik harian, sampah harian, dan perjalanan harian. Jika sudah, klik “Hitung Total Emisi” di bagian bawah. Hasil penghitungan terdiri atas tiga bagian yakni Emisi Harian, Emisi Tahunan, dan Emisi Perjalanan Udara dalam satuan gram. Sobat juga bisa mengetahui menghitung seberapa besar emisi yang bisa dikurangi jika bersedia lebih hemat.
  • Kalkukator Jejak Karbon lainnya
Masih banyak kalkutor penghitung jejak karbon lainnya yang bisa digunakan dan disediakan oleh berbagai situs, seperti :
  1. www.resurgence.org/education/carbon-calculator.html
  2. www.carbonfootprint.com/calculator.aspx
  3. www.myfootprint.org
  4. www.nature.org/initiatives/climatechange/calculator
  5. www.jpmorganclimatecare.com
Namun menurut hemat saya kedua kalkulator yang di atas lebih sesuai dengan kondisi di Indonesia.
Tidak akurat 100%. Berapa patokan seorang dikatakan poluter, atau ramah lingkungan. Namun menurut US Department of Energy’s Carbon Dioxide Information Analysis Center (CDIAC) rata-rata emisi karbon per kapita di Indonesia pada tahun 2008 adalah 1,8 ton setara CO.
Pun penghitungan jejak karbon yang dilakukan oleh kalkulator-kalkulator ini tidak bisa dianggap akurat 100%. Karena perhitungan carbon footprint jauh lebih kompleks dan membutuhkan lebih banyak parameter dan variabel. Namun setidaknya dapat diukur seberapa banyak Sobat ikut menyumbang pemanasan global pada satu-satunya bumi ini sehingga menjadi acuan untuk lebih ramah lingkungan.
Referensi dan gambar:
  • rafflesia.wwf.or.id/cfootprint/?l=id
  • karbonkalkulator.iesr-indonesia.org
  • en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_carbon_dioxide_emissions_per_capita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini