Jumat, Oktober 15, 2010

Makanan herbal untuk sistem pencernaan

Berikut sejumlah makanan herbal yang bermanfaat untuk sistem pencernaan, seperti dikutip dari laman Times of India.
Jahe

Jahe mengandung gingerol aktif. Kandungan yang membuat rasa jahe panas, pedas, inilah yang bermanfaat untuk memberikan efek penyembuhan. Jahe sering digunakan untuk terapi kesehatan, yang bekerja pada sistem pencernaan dengan mendorong sekresi enzim pencernaan.

Adas (Fennel)

Adas mengandung anethole. Kandungan ini mampu merangsang sekresi cairan pencernaan dan lambung. Adas juga mengandung asam aspartat, yang bertindak sebagai zat antikembung. Tidak heran, jika kemudian banyak orang memiliki kebiasaan mengunyah biji adas setelah makan. Adas cukup populer disebut 'after mint'.

Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang memberi manfaat positif untuk sejumlah aktivitas di dalam usus, seperti memproduksi laktase, membunuh bakteri berbahaya, dan meningkatkan fungsi saluran pencernaan.

Fenugreek

Daun dan biji Fenugreek membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti meredakan sembelit dan mengatasi perut kembung. Memakan biji Fenugreek yang telah direndam semalam dikata cukup ampuh mengatasi gangguan pencernaan.

Daun Mint

Tanaman herbal ini juga banyak dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan seperti perut mulas, dan perut kembung. Selain mengobati mual, daun mint bermanfaat merangsang nafsu makan dan meredakan sakit kepala. Teh peppermint juga dapat membantu menenangkan tenggorokan kering.

Daun salam

Selain sebagai penyedap masakan, tanaman herbal ini sering dimanfaatkan untuk mengobati migren, dan meredakan stres. Di samping itu, daun salam juga bermanfaat melancarkan sistem pencernaan dan membantu sistem pembuangan racun tubuh.

sumber klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini