Sering Digunakan, Jarang Dibersihkan

Beragam pernik rumah dibutuhkan untuk mempercantik penampilan rumah Anda. Masalahnya, ada beberapa perangkat rumah yang terlupakan untuk dibersihkan.Padahal kebersihan setiap peralatan rumah tangga sangat menentukan kesehatan seluruh anggora keluarga. Untuk mengingatkan, berikut empat benda yang sering digunakan tetapi jarang sekali dibersihkan.
1. Tas belanja
Jika Anda sering belanja ke pasar dan membawa tas belanja sendiri, itu memang sangat baik untuk lingkungan karena tidak memperbanyak sampah plastik. Tetapi, apakah Anda rutin membersihkannya?
Menurut penelitian yang dilakukan tim dari University of Arizona dan Loma Linda University, Amerika Serikat sebanyak 97 persen pengguna tas belanja tidak pernah mencuci dan membersihkannya. Kontaminasi bakteri sangat tinggi karena tas tersebut membawa daging dan sayuran mentah, jadi sebaiknya bersihkan secara teratur. Jangan lupa bersihkan juga tas-tas lain yang sering Anda gunakan, termasuk tas kantor.
2. Kepala pancuran mandi
Bangun pagi memang paling pas mandi air hangat dengan shower (pancuran mandi). Tetapi tahukah Anda, kalau kepala shower adalah rumah dari jutaan bakteri. Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Colorado, Amerika Serikat sebanyak 30 persen kepala shower, positif mengandung mycobacterium avium, yaitu bakteri yang memicu infeksi paru-paru.
Karena mikroba tahan terhadap klorin, sebaiknya bersihkan kepala shower menggunakan cuka lalu sikat dengan sikat gigi bekas.
3. Tirai
Tirai-tirai dalam rumah juga gudangnya debu, kutu, bakteri dan masih banyak lagi. Jangan heran jika tirai tertiup angin Anda langsung bersin-bersin. Untuk itu cuci tirai secara teratur. Untuk tirai dengan desain rumit, sebaiknya cuci di jasa laundry agar tidak terjadi kerusakan.
4. Tempat sampah
Meskipun berfungsi sebagai tempat menampung sampah, bukan berarti kebersihannya diabaikan. Jangan sampai bakterinya menumpuk dan mengontaminasi makanan di sekitar dapur kara terbawa oleh udara. Tempat sampah minimal dibersihkan dua minggu sekali. Lapisi dengan plastik, agar lebih memudahkan saat membuang sampah dan lebih bersih.

1 komentar:

  1. salam sahabat
    ouw gitu ya???tapi memang kadang males sich,jadi tidak sesuai dan tidak bgus akhirnya hehehe...good luck

    BalasHapus

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...