Selasa, Maret 16, 2010

Mesin yang digunakan dalam industri penggergajian kayu


Proses penggergajian di dalam industri menggunakan alat-alat yang memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Beberapa alat diantaranya adalah circular saw (gergaji bundar), gang saw mill (gergajiu kelompok), block saw mill, band saw (gergaji pita), transportable saw mill.
1.      Circular saw ( gergaji bundar)

Gergaji bundar secara luas digunakan di seluruh industrisingle most common, paling umumitem of mechanical industrial equipment. pada peralatan industri mekanik.
Kelebihan :
Gergajican be mounted with a portable handpiece (such as a “Skilsaw”), dapat dipasang dengan handpiece portabel (seperti "Skilsaw),or it can be fixed in a bench so that a portion of the blade atau dapat diperbaiki dalam bangku sehingga sebagian dari pisauprotrudes above the table, allowing easy ripping of timber. menonjol di atas meja, sehingga mudah merobek kayu.The saw can be moveable within the bench, travelling up Gergaji dapat dipindah-pindahkan dalam bangku, perjalanan keand down” (an arrangement commonly found on building sites) dan ke bawah "(suatu pengaturan bangunan umum ditemukan di situs)or moveable on an arm across the workplace (such as a draw or atau dapat dipindahkan pada lengan di tempat kerja (seperti menggambar atauradial saw). radial melihat). The saw can be moved manually or by foot, or can Gergaji dapat dipindahkan secara manual atau dengan kaki, atau dapat be pneumatically powered. menjadi pneumatik powered.
Kelemahan circular saw (gergaji bundar) adalah sebagai berikut:
-          Bilah tebal dari yang lain dan membutuhkan tenaga yang besar
-          Bilah memiliki diameter 1m, sehingga susah atau tidak bias menggergaji kayu dengan diameter lebih besar dari 1m
-          Pada ujung gergaji biasanya ada gigi tambahan yang lebih keras

2.      Band saw (gergajji pita) 

Band saw mill (gergaji pita) merupakan kebalikan dari gergaji bundar.
-          Banyak digunakan dalam penggergajian karena memiliki kelebihan lebih tipis, lintasan gergaji lebih sempit sehingga tidak boros terhadap kayu yang digergaji, lebih stabil atau tidak goyang.
-          Dilengkapi gigi tambahan sehingga lebih cepat dalam penggergajian
-          Harga relatif lebih mahal
-          Biaya pemeliharaan lebih mahal
Penyebab kecelakaan pada penggunaan band saw adalah sebagai berikut:
-          Menimbulkan overfeeding yaitu menekankan pisau gergaji dengan kekuatan yang melampaui batas dan ketegangan ketika menggunakan alat dengan tekanan tinggi.
-          Ketika mengggunakan gigi gergaji yang membosankan atau sudah tua
-          §penggunaan dengan kecepatan tinggi
-          Sawteeth tidak teratur dan tidak merata, sehingga tidak stabil dalam penggunaannya
-          Kurang menguasai dalam menggunakan alat tersebut, jik,, atau tidak menerapkan sesuai dengan panduan penggunaan
-          Kepanasan selama menggiling gullets, menyebabkan bluing dan casehardening
-          Memaksa baja terlalu dan terlalu cepat swaging dan membentuk atau terlalu banyak swage
-          Kondisi gergaji yang casehardening atau bengkok
-          §roda bandmill yang longgar
-          §ukuran diameter roda pisau yang kecil
-          Kondisi bilah yang bergetah, berkarat atau bekas tambalan

3.      Planner (mesin serut)



Planner merupakan jenis gergaji untuk meratakan dan menghaluskan permukaan lebar dan tebal, terutama pada industry penggergajian furniture atau mebel. Ada beberapa jenis planner yaitu:
-          Single planner. Disini kayu gergajian yang hanya satu bagian saja yang terserut
-          Double planner. Disini kedua permukaann kayu tersebut terserut, sehingga lebih mudah dalam pengerjaannya disbanding dengan single
-          Four side planner, berbeda dengan kedua jenis diatas, disini keempat sisi akan diserut misalnya pada pembuatan kayu gergaji berbentuk balok akan lebih mudah dalam proses penggergajiannya, ini disebut juga dengan moulder.

4.      Sander (mesin amplas)

Sander dilengkapi dengan kertas pasir terpasang. Penggunaan kertas pasir dalam mesin ini untuk menghaluskan kayu gergajian. Juga untuk membuang kotoran-kotoran yang menempel pada permukaan kayu gergajian tersebut. Kecepatan untuk menghaluskan berbeda-beda pada kondisi tertentu.



7 komentar:

  1. bisa tampilkan gbr planner, trimmer dan sander dalam skala pabrik???
    sekalian dengan gambar produk serta limbah keluarannya ya....

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ki agenk bondowoso,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti saran beliau syukur alhamdulillah sekarang saya bisa sukses seperti ini usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ki agenk bondowoso berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub ki agenk bondowoso di nmr 082348727567 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,WAssalam

      Hapus
  2. maaf pak kurang komplit alat2 yg di kupasnya!!, kan masih ada mesin bor kayu, mesin trimer (coakan), mesin bubut kayu dll. nah yg mesin trimer yg saya belum tau penggunaanya!. trims..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas, kalau mesin2 yang mas sebut itu.. itu tergolong mesin pengolahan kayu

      Hapus
  3. Saya ingin mendapatkan informasi mengenai membangun pabrik penggergajian berkapasitas 6.000 m/th. Terima kasih

    BalasHapus
  4. makasiiiih infonya ..
    oh yah tentang mesin planner bisa kasih info yg lebih banyak lagii ??

    BalasHapus
  5. numpang bntar nih gan barangkali ada agan-agan pengusaha kayu yg lagi membutuhkan mesin benso/penggergajian. kami PD KONDANG JAYA menyediakan mesin benso rakitan harga lebih terjangkau dan high quality...dan juga bergaransi.
    bagi agan" yg ingin memulai usaha penggergajian lebih baik hubungi kami....
    dari pada harus membeli mesin PANDAN yg harganya mahal...
    bila berminat hubungi
    081221093383
    terimakasih

    BalasHapus

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini