Selasa, April 09, 2019

Misteri Samudera yang Belum Terpecahkan Sampai Sekarang

Hampir 70 persen permukaan bumi dikuasai oleh lautan, sementara sisanya adalah daratan. Lautan di dunia acap kali menyimpan cerita-cerita tak terduga dan cenderung misterius. Hamparan biru yang luas dan dalam membuat laut terkadang begitu tenang menyimpan banyak tanda tanya.

Berikut adalah kumpulan misteri lautan yang hingga kini belum juga bisa terungkap.

1. Makhluk Hidup Bawah Laut
Kraken
Kraken merupakan monster laut raksasa yang menyerupai cumi-cumi. Monster legendaris dalam cerita rakyat Skandinavia ini disebut memiliki ukuran raksasa. Dengan ukuran sebesar itu, Kraken suka menenggelamkan kapal-kapal yang ditemuinya. Meskipun demikian belum ada bukti kuat yang menunjukkan keberadaan makhluk legendaris ini.

Baru-baru ini, pada tahun 2008 sebuah kapal riset Korea Selatan di Laut Antartika memfilmkan makhluk yang melintas di bawah kapal mereka. Diduga itu adalah spesies cumi-cumi kolosal (Mesonychoteuthis hamiltoni).

Monster di Stronsay
Skotlandia tampaknya memiliki binatang laut di “danau”. Mereka tidak hanya memiliki kisah terkenal tentang The Loch Ness Monster, tetapi pada tahun 1808, sebuah bangkai aneh tersapu di pantai Stronsay yang banyak orang percaya menjadi Plesiosaurus lain.

Para ilmuwan berspekulasi bahwa itu adalah hiu berjemur yang membusuk sepanjang 36 kaki, tetapi apakah hiu berjemur memiliki sirip yang sangat mirip kaki dengan artikulasi sendir, seperti yang dilaporkan oleh saksi mata yang melihat makhluk itu?

Hiu kanibal raksasa
Pada tahun 2003, para ilmuwan memutuskan untuk menandai hiu putih besar sepanjang 9 kaki untuk mempelajari perubahan suhu di lautan. Anehnya, beberapa bulan kemudian tag yang merekam informasi itu ditemukan di pantai. Ketika para peneliti melihat informasi tag, mereka terkejut.

Sekitar 4 bulan setelah tag itu dipasang, hiu itu tampaknya telah menyelam sekitar 1.900 kaki, yang menunjukkan bahwa ia diserang dan dimakan oleh sesuatu. Tapi apa yang bisa memakan hiu putih sepanjang 9 kaki? Seekor hiu yang lebih besar, kata beberapa ilmuwan.

Putri duyung
Putri duyung. Tapi menurut para ilmuwan, bisa saja pelaut yang berada di tengah air itu sedang berhalusinasi. Bisa jadi, para kelasi melihat lembu laut atau manatee sebagai putri duyung. Karena sampai saat ini makhluk magis ini tidak pernah ditemukan dan kehadirannya di lautan pun masih dipertanyakan. Namun ditemukan lukisan misterius dalam goa berbentuk seperti putri duyung di akhir periode zaman batu.

Ubur-ubur abadi
Kehidupan abadi ubur-ubur laut kecil. Ubur-ubur berukuran 4-5 milimeter ini diyakini tidak bisa menua secara biologis. Hebatnya lagi, spesies ini mampu kembali dari tahap seksual dewasa ke tahap larva. Spesies ini akan mati ketika selesai bereproduksi.

Ular raksasa berkepala naga
Awak HMS Daedalus, sebuah kapal perang Angkatan Laut Kerajaan, melihat makhluk mengerikan yang mereka gambarkan seperti ular raksasa sepanjang 100 kaki dengan kepala menyerupai naga.

Tak hanya HMS Daedalus, beberapa pelaut lainnya juga mengaku pernah melihat ular raksasa berkepala naga itu. Tapi para ilmuwan mengatakan mungkin makhluk itu adalah ikan paut. Tapi logikanya begini, masa pelaut tidak bisa membedakan mana ikan paus dan ular.

2. Vile Vortices
Pada tahun 1940-an, ahli biologi Skotlandia, Ivan T Sanderson mengemukakan gagasan bahwa di seluruh dunia ada 12 "Vile Vortices", lokasi di mana kehilangan dan penampakan misterius sering terjadi. Dua diantaranya Segitiga Bermuda dan  Segitiga Naga (Dragon Triangle) atau Segitiga Formosa. Segitiga Naga Terletak di lepas pantai Jepang dan Filipina, perairan itu konon menjadi lokasi sejumlah fenomena yang tak dapat dijelaskan  termasuk anomali magnetik, cahaya, dan objek misterius.

3. Struktur Bangunan Bawah Laut dan Kota hilang Atlantis
Permukaan air laut yang terus naik selama 10.000 tahun terakhir telah merendam kota, kuburan, dan benteng kuno. Sejumlah laporan pun muncul, soal temuan bangunan dari masa lalu di dasar lautan.

Atlantis
Adanya kehidupan pulau legendaris atau yang disebut Alantis. Atlantis merupakan kota kuno yang tenggelam ke dalam lautan. Kota ini dulunya memiliki peradaban yang sangat maju dan besar, namun karena kejadian tertentu, kota ini tenggelam ke dasar samudera. Menurut para ahli, Atlantis menyimpan banyak harta karun yang berharga. Namun reruntuhan kota ini sampai sekarang masih belum ditemukan.

Monumen Yonaguni
Pada tahun 1985, tim arkeolog menemukan struktur menyerupai tangga berukuran raksasa. Banyak yang percaya kalau struktur itu adalah buatan manusia pada zaman kuno, tapi ada juga yang percaya kalau struktur tersebut terbentuk secara alami oleh alam.

Tangga raksasa ini memiliki panjang lebih dari 165 kaki dan lebar 65 kaki. Karena tangga ini sangat besar, banyak yang percaya kalau manusia pada zaman kuno memiliki ukuran tubuh yang sangat besar pula.

Piramida
Ditemukannya piramida kristal di lautan yang berada di dekat Segitiga Bermuda. Namun penemuan ini masih diambang-ambang, karena belum ada bukti jelas yang bisa dijadikan bukti dari temuan ini.

Anomali laut baltik
Anomali laut baltik ditemukan oleh dua peneliti menggunakan pemindaian sonar pada tahun 2011 sekitar 300 kaki di dasar laut dari Laut Baltik. Bentuk aneh menyebabkan banyak orang percaya itu semacam pesawat luar angkasa yang mengalami kecelakaan mendarat atau formasi alam yang aneh. Bahkan, beberapa orang sekarang berspekulasi bahwa itu bisa menjadi semacam teknologi perang rahasia.

4. Suara yang tidak dapat dijelaskan
Ada beberapa suara yang tidak dapat dijelaskan yang telah direkam selama bertahun-tahun. Ada dua yang paling populer yaitu “The Bloop” Bunyi tersebut terlacak di titik terpencil di Samudra Pasifik Selatan dan satunya lagi “Julia”. Suara-suara ini harus dibuat oleh benda-benda yang sangat besar (atau mungkin makhluk), dengan sebagian besar ilmuwan percaya suara tersebut berasal dari gunung es besar yang menggores lantai samudra.

5.  Luasnya Lautan
Para ilmuwan saat ini sedang melakukan menelusuri seberapa luasnya lautan. Namun, ahli bilogi kelautan John Copley, mengaku meski peralatan saat ini lebih canggih, mungkin benar baru sekitar lima persen isi laut yang diketahui. Termasuk berbagai makhluk di dalamnya. Begitu juga pada tekanan laut di dasar samudra. Selama ini, para ahli biologi dan ilmuwan telah melakukan ekspedisi untuk menguak misteri dasar samudra. Namun sayangnya, misteri itu belum terpecahkan sampai saat ini.

Itulah misteri besar yang tersembunyi di dasar samudera. Sebenarnya masih banyak misteri tentang samudera lainnya yang belum diketahui dan juga belum terpecahkan. Kesimpulannya, laut itu menyimpan banyak misteri yang mengerikan tapi mengundang rasa penasaran.


Disadur dari
https://www.wowmenariknya.com/lists/5-misteri-samudera-yang-belum-terpecahkan-sampai-sekarang/
https://www.liputan6.com/global/read/3195901/ini-6-misteri-samudra-pasifik-salah-satunya-monster-di-indonesia
https://phinemo.com/misteri-lautan-yang-tak-bisa-diungkap/
https://www.brilio.net/video/discover/heboh-inilah-7-misteri-besar-yang-tersembunyi-di-dasar-samudra-171128c.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini