Sabtu, Mei 04, 2019

Pengertian Root pada Android

Secara harfiah, Root dapat diartikan sebagai akar dalam bahasa Indonesia. Jadi, yang dimaksud dengan apa itu Root adalah dimana pengguna mendapatkan kendali atau akses penuh dari smartphone Android miliknya.

Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna hape) punya akses ke account root tersebut,jadi kitalah yang punya kekuasaan.

Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna. Sistem operasi Android sendiri mempunyai basis Linux yang artinya kita dapat memodifikasi sistem operasi ini sesuai kemauan pengguna alias open source.

Pihak Google selaku pemilik Android pun tidak melarang pengguna untuk memodifikasi sistem operasinya.Namun, memang ada beberapa produsen smartphone mengunci sistem operasi Android yang biasa disebut Lock Bootloader yang ada di perangkatnya, seperti HTC, Sony, ASUS, dan perangkat keluaran Google.

sumber
http://doeloe-doeloe.blogspot.com/2013/10/pengertian-root-dan-fungsi-root-pada.html
https://jalantikus.com/tips/apa-itu-root/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini