Kamis, April 18, 2019

Manfaat Tersembunyi Pare

Pare dikenal sebagai salah satu sayuran yan memiliki rasa pahit. Namun, terlepas dari rasanya yang pahit, sayur yang mirip ketimun dengan kulit keriput ini telah menjadi bagian dari kekayaan kuliner Indonesia. 

Di balik rasa pahitnya, pare punya banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat itu, di antaranya :

1. Menurunkan gula darah bagi penderita diabetes
Spesialis Gizi Klinik dr Ida Gunawan SpGK mengatakan bahwa pare bisa menurunkan kadar gula darah karena mengandung protein dan serat. Dalam 100 gram pare mengandung 3 gram serat. Dan makanan tinggi serat bagus untuk pengidap diabetes karena bisa memperlambat penyerapan gula oleh tubuh.  
2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Pare juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, selain protein dan serat, pare juga mengandung antioksidan dan berbagai mineral yang bisa meningkatkan limpfosit untuk membantu pertahanan imunitas tubuh. 

3. Mencegah kanker 
Pare juga bisa melindungi dari kanker tertentu karena mengandung banyak antioksidan, yang dapat menangkal efek radikal bebas.

4. Menghambat penyebaran virus HIV
Di samping itu, mengonsumsi pare juga bisa menghambat penyebaran virus HIV. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan di India, dengan memberikan ekstrak jus pare. Selain menghambat penyebaran, juga meningkatkan daya tahan tubuh penyandang HIV.

5. Mencegah efek penuaan
Pare ternyata juga bisa mencegah efek penuaan karena antioksidan yang dikandungnya. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa langsung memakannya. Namun, jika tak kuat dengan rasa pahitnya, cuci dahulu pare dengan air garam, lalu rebus dan isi pare dengan ikan atau ayam. Ditumis juga boleh, namun jangan ditambahkan dengan ikan teri kering atau tauco karena kadar garamnya yang tinggi tidak baik untuk kesehatan.

disadur dari
https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1136140-manfaat-tersembunyi-pare-salah-satunya-baik-untuk-penderita-hiv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini