Senin, April 15, 2019

Apa yang Harus Dilakukan Agar Gula Darah dan Kolesterol Normal

Gula darah dan kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan beragam macam penyakit berbahaya. Apalagi jika keduanya muncul sekaligus, tentunya membuat tubuh bekerja lebih keras, untuk mengeluarkan darah sekaligus menurunkan kadar kolesterol. Namun, perlakuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah bisa bertentangan. Lalu apa yang harus Anda konsumsi untuk menurunkan kadar gula darah sekaligus membuat kolesterol jahat turun? Berikut ulasan lengkap yang harus Anda ketahui. 

Banyak orang yang memiliki gula darah tinggi juga memiliki kadar kolesterol tinggi. Namun, keduanya bisa dikelola dengan makanan sehat. Sangat umum untuk melihat informasi yang salah tentang makanan apa yang buruk untuk kondisi tertentu, termasuk kolesterol tinggi, pradiabetes, dan diabetes. Namun demikian, kualitas keseluruhan dari makanan Anda adalah yang paling penting.

Tiga makronutrien penting yang tidak boleh ditinggalkan, karbohidrat, protein, dan lemak, karena memiliki dampak berbeda pada kadar gula darah dan kolesterol. Bagaimanapun, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol melalui makanan tidak sulit. Dan banyak makanan membantu menurunkan masing-masing penanda ini. Berikut adalah beberapa tips untuk secara efektif mengurangi kadar gula dan kolesterol darah tinggi:

Makan lemak sehat
Untuk mengurangi kadar kolesterol, banyak orang menghindari sumber lemak. Namun, penelitian menunjukkan bahwa makan lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan berlemak, dan minyak zaitun dapat membantu mengurangi LDL (jahat) kolesterol, meningkatkan HDL (baik) kolesterol, dan mengontrol gula darah.

Kurangi asupan gula
Gula yang ditambahkan - seperti yang ditemukan dalam permen, es krim, makanan yang dipanggang, dan minuman manis - secara negatif mempengaruhi kolesterol dan gula darah. Menghentikan konsumsi gula tambahan dari makanan Anda adalah salah satu cara terbaik.

Konsumsi lebih banyak sayuran
Meningkatkan asupan sayuran segar dan matang, secara signifikan menurunkan gula darah dan kolesterol. Coba tambahkan sayuran seperti bayam, artichoke, paprika, brokoli, dan kembang kol ke dalam makanan dan camilan Anda.

Makanlah makanan bergizi lengkap
Mengandalkan makanan kemasan atau restoran cepat saji, dapat merusak kesehatan Anda. Berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah. Persiapkan lebih banyak makanan di rumah, menggunakan makanan kaya nutrisi yang mendukung kesehatan metabolisme.

Berolahraga
Cara sehat lain untuk mengurangi gula darah dan kadar kolesterol termasuk meningkatkan aktivitas fisik, salah satunya olahraga.

disadur dari
https://www.beritauaja.com/2019/04/makanan-penurun-gula-darah-kolesterol.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini