Kamis, Maret 07, 2019

PURIN dan dimana ditemukan

Purin adalah zat alami yang ditemukan dalam semua sel-sel tubuh, dan di hampir semua makanan. Alasan meluasnya mereka adalah sederhana: purin menyediakan bagian dari struktur kimia gen kita dan gen tanaman dan hewan. Sayuran pada umumnya lebih tinggi purin dibandingkan dengan daging. Purin yang masuk kedalam tubuh kita dari makanan selanjutnya akan dimetabolisme menjadi asam urat. Sebenarnya hal ini adalah proses yang normal dan sehat, dan Asam urat sebenarnya bertindak sebagai zat antioksidan yang berguna untuk melindungi lapisan pembuluh darah.

Asam urat adalah kimia terbentuk ketika purin telah dipecah sepenuhnya. Ini normal dan sehat untuk asam urat yang akan dibentuk dalam tubuh dari pemecahan purin. Dalam darah kita, misalnya, asam urat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mencegah kerusakan pada lapisan pembuluh darah kita, sehingga pasokan terus-menerus asam urat adalah penting untuk melindungi pembuluh darah kita.

Namun bila jumlah asam urat dalam darah meningkat akan menyebabkan penyakit gout atau yang dikenal asam urat tinggi. Penyebabnya dapat akibat produksinya yang tinggi akibat konsumsi purin yang juga tinggi, atau pengeluarannya oleh ginjal yang terganggu.

Karena ginjal kita bertanggung jawab untuk membantu menjaga kadar asam urat darah seimbang, masalah ginjal dapat menyebabkan akumulasi asam urat yang berlebihan dalam berbagai bagian tubuh. kerusakan sel yang berlebihan juga dapat menyebabkan asam urat build-up. Ketika asam urat terakumulasi, menjadi kristal asam urat (yang disebut kristal monosodium urat) disimpan dalam, tendon sendi, ginjal, dan organ lainnya. Akumulasi kristal asam urat ini disebut radang sendi yg menyebabkan encok.

Berikut daftar makanan yang mengandung purin, semoga dapat membantu anda untuk mengkontrol kadar purin (penyebab kolestrol)



sumber https://dwipresent.wordpress.com/2011/05/24/apa-itu-purin-dan-dimana-ditemukan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini