Senin, April 05, 2010

Khasiat Jahe sebagai tanaman herbal

Jahe telah lama digunakan sebagai obat herbal. Menambahkan jahe pada cangkir teh, tanpa Anda sadari bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sebelum memasukkanannya dalam cangkir potonglah jahe hingga berukuran sedang, cuci hingga bersih, kemudian geprak dan langsung masukkan pada secangkir teh hangat.
Nah, berikut empat alasan mengapa Anda harus memasukkan seruas jahe pada secangkir teh, setiap hari.
- Mengurangi rasa nyeri
Jika Anda mengalami cedera, merasakan sakit atau dalam proses penyembuhan, jahe bisa dijadikan andalan. Jahe bisa mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan.
"Minyak jahe bisa melawan peradangan dan meningkatkan suplai darah. Hal ini membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri. Minyak tersebut juga bisa menyembuhkan luka dalam tubuh," kata ahli nutrisi, Amita Tandon seperti VIVAews kutip dari Idiva.
- Menurunkan tekanan darah
Jahe bisa meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan dalam jahe bisa melemaskan otot-otot yang membuka pembuluh darah arteri. Jadi, jahe juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung.
- Melancarkan pencernaan
Jahe merupakan pembersih alami dan membantu proses pencernaan. Jahe berfungsi merelaksasi otot pencernaan, sehingga penyerapan makanan menjadi lebih mudah. Selain itu, jahe juga bisa mengatasi kram perut, yang sering terjadi saat haid.
- Mual
Rasa mual dan pusing sering muncul pada pagi hari, atau biasa dikenal dengan "morning sick". Daripada Anda mengonsumsi obat mual, lebih baik minumlah air jahe. Anda bisa menyeduh jahe yang telah dihaluskan dengan air hangat dan tambahkan sedikit gula. Karena jahe bisa melemaskan otot-otot pencernaan yang tegang dan menimbulkan rasa mual, maka sangat efektif menghilangkan rasa mual.

Link terkait: http://id.news.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila teman suka dengan tulisan di atas
saya berharap teman-teman menuliskan komentarnya
tapi tolong komentar yang sopannya
mari kita jaga sopan santun di dunia maya ini